Purbalingga (ANTARA) - Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 seiring peningkatan mobilitas masyarakat.

"Warga agar tetap disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan jika diperlukan membatasi mobilitas," kata Kabag Operasi Polres Purbalingga Kompol Pujiono di Purbalingga, Senin.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan secara berkala melakukan patroli untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat telah berjalan dengan baik.

Dia mengatakan bahwa Polres Purbalingga mulai hari ini menyelenggarakan Operasi Zebra Candi 2021.

"Sebagai bagian dari operasi ini Polres Purbalingga juga melaksanakan kegiatan simpatik. Kegiatan yang dilakukan yaitu patroli sepeda motor sosialisasi tertib lalu lintas dan protokol kesehatan, sekaligus membagikan sembako bagi warga yang membutuhkan," katanya.

Melalui kegiatan sosialisasi terpadu Operasi Zebra Candi 2021 dan kampanye tertib lalu lintas dan protokol kesehatan, kata dia, diharapkan akan makin meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Polres Purbalingga diharapkan masyarakat akan makin memahami pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan juga tertib lalu lintas," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Purbalingga sudah 50 persen

Dia mengatakan kegiatan sosialisasi dilakukan di sejumlah titik, di antaranya di sekitar Terminal Induk Purbalingga dan lain sebagainya.

Dia menambahkan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan juga melibatkan personel dari sejumlah organisasi perangkat daerah terkait.

"Personel yang melakukan aksi sosialisasi dan kampanye protokol kesehatan, selain dari Polres Purbalingga juga ada dari TNI, BPBD, dinas kesehatan, dinas perhubungan dan satpol PP," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus memastikan penerapan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan dengan ketat.

"Dengan demikian diharapkan akan dapat mencegah dan mengantisipasi penyebaran COVID-19, pasalnya, walau terdapat tren penurunan kasus namun pada saat ini masih dalam kondisi pandemi sehingga masyarakat masih perlu meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Baca juga: Pemkab Purbalingga upayakan percepatan program vaksinasi

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024