Semarang (ANTARA) - Ahli waris dari pegawai Kementerian Pekerjaan Umum Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana menerima santunan Jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) sebesar Rp160,2 juta. 

Penyerahan santunan secara simbolis diserahkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Semarang Pemuda Teguh Wiyono dan diterima Kepala BBWS Pemali Juana M Adek Rizaldi di Kantor BBWS, Semarang, Senin 

Santunan diterima Endang Sulistyowati, ahli waris dari peserta Alm Kundaryadi pegawai BBWS Pemali Juana 2 yang meninggal dunia saat bertugas dengan rincian santunan terdiri atas santunan kematian Rp120 juta, santunan berkala Rp12 juta, bea siswa pendidikan Rp12 juta, jaminan hari tua (JHT) Rp6.280.190, dan biaya pemakaman Rp10 juta. 

Kepala BBWS Pemali Juana Adek Rizaldi mengakui pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi lingkungan kantor juga para pekerjanya karena banyak pegawai yang bekerja di lapangan, sehingga risikonya tinggi. 

Karena penting, lanjut dia, seluruh pegawai telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan tiga program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Hari Tua (JHT). 

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda serahkan penghargaan Paritrana Award ke penerima

Ia berharap santunan yang diterima ahli waris dapat dimanfaatkan dengan baik, apalagi santunan tersebut menjawab apa yang dirasakan sebelum ada Jamsostek, santunan kematian menyesuaikan kemampuan yang ada dan sekadarnya. 

Pentingnya manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, katanya, juga akan disebarluaskan termasuk kepada para mitra kerja. 

"Kami juga akan meminta para mitra BBWS agar juga mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, kami juga juga akan terpengaruh," katanya. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Semarang Pemuda Teguh Wiyono menambahkan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja, pihaknya juga akan menggandeng para mitra BBWS agar juga menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Ke depan kami akan meningkatkan jumlah kepesertaan kepada para mitra BBWS Pemali Juana dan ke depan akan duduk bersama para tim teknis untuk tindak lanjutnya," kata Teguh.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda-BBPJN sosialisasikan Pragram Jamsostek

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024