Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mendorong Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) membuka Program Pendidikan Kedokteran.

"Unimma mudah-mudahan nanti bisa mendirikan Program Pendidikan Kedokteran," kata Aziz dalam sambutan saat menghadiri pelantikan Dr. Lilik Andriyani, SE. M.Si sebagai Rektor Unimma masa jabatan 2020-2024 pengganti antarwaktu di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia menuturkan pendidikan itu memang harus betul-betul disiapkan. Membangun sebuah institusi memang harus dengan kerja keras dan pendidikan inilah yang akan mengantar Indonesia semakin maju.

Menurut dia, Kota Magelang ini sudah terkenal menjadi pusat pendidikan, terutama pendidikan perwira di indonesia, di mana seluruh jenderal di Indonesia mengenyam pendidikan di Kota Magelang.

"Bahkan Presiden SBY, alumnus Akmil Magelang, Presiden Gus Dur juga alumnus (Ponpes) Tegalrejo Magelang, memang Magelang ini luar biasa," katanya.

Ia menyampaikan ucapan selamat kepada Dr Lilik, dan beraharap Unimma dengan Pemkot Magelang bisa bersinergi.

Menanggapi dukungan Wali Kota Magelang tersebut, Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc, Ph.D, dari Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan pembukaan fakultas kedokteran merupakan rencana yang sangat bagus dan pihaknya tetap mendorong.

"Nanti kami lihat bagaimana Unimma mempersiapkan hal itu, kalau dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah kami mendorong, kami mendukung, tetapi yang kerja Unimma dan saya kira pantas di Magelang punya fakultas kedokteran," katanya.

Rektor Unimma Dr. Lilik Andriyani, SE. M.Si menyampaikan studi kelayakan rencana pendirian fakultas kedokteran sudah selesai, tinggal nanti menyusun proposalnya.

"Dalam proposal itu ada persiapan-persiapan, tenaga dokter, fasilitas-fasilitas yang harus dipenuhi. Insyaallah kami coba hal itu dirancang melalui proposal," katanya

Ia menyampaikan fakultas kedokteran berbeda dengan yang lain, karena saat ini izin pendirian untuk fakultas kedokteran belum dibuka, sehingga pihaknya masih menunggu.

"Yang pasti harus segera kami susun proposal itu, begitu nanti dibuka, insyaallah kami sudah siap proposalnya," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024