Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 100 anak mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap --sebelumnya dikenal dengan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap atau Kilang Pertamina Cilacap-- bekerja sama dengan Baituzzakah Pertamina (Bazma) Cilacap.

Khitanan massal bagi anak-anak duafa di sekitar operasional kilang itu diselenggarakan dalam dua tahap di kompleks Kantor Bazma Cilacap, yakni pada tanggal 29 Agustus dan 5 September 2021.

Oleh karena masih dalam situasi pandemi, kegiatan khitanan massal tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti penggunaan masker bagi peserta dan pendamping, pengaturan jarak tempat duduk di ruang tunggu, termasuk pelaksanaan khitanan yang dibagi dua tahap.

General Manager PT KPI Unit Cilacap Eko Sunarno didampingi Ketua Bazma Cilacap Ahmad Din Sormin berkesempatan menyaksikan secara langsung kegiatan rutin tahunan itu.

Baca juga: Watannas RI apresiasi persentase TKDN di Pertamina Cilacap

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bazma Cilacap Ahmad Din Sormin khitanan massal merupakan program rutin Pertamina melalui Bazma guna membantu warga di lingkungan sekitar. 

"Ini menjadi salah satu bukti kehadiran Pertamina, sehingga masyarakat benar-benar merasakan kontribusi positif kami," katanya menjelaskan.

Menurut dia, khitanan massal menjadi salah satu dari sekian banyak program sosial kemasyarakatan yang rutin dilaksanakan oleh Bazma. 

"Selain khitanan massal rutin, kami juga memiliki program bantuan pendidikan kaum duafa, layanan kesehatan gratis, layanan ambulans gratis, pemberdayaan ekonomi, dakwah dan sosial, bantuan pengobatan gratis, bantuan biaya hidup para jompo, penyaluran modal UMKM, dan lain-lain," katanya.   

Sementara itu, GM PT KPI Unit Cilacap Eko Sunarno mengatakan selain menjadi wujud kepedulian Pertamina bagi masyarakat, kegiatan tersebut juga menjadi sarana silaturrahmi anak-anak untuk mengenal lebih dekat dengan Pertamina. 

"Interaksi mereka dengan Pertamina dalam kegiatan ini diharapkan memunculkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap perusahaan energi milik anak bangsa ini. Mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung di Pertamina, menjadi bagian dari energi negeri," katanya.

Baca juga: Pertamina Cilacap salurkan bantuan 61 konsentrator oksigen
Baca juga: Dusun Bondan kembali raih penghargaan Desa Mandiri Energi Provinsi Jateng

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024