Cilacap (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI melakukan verifikasi secara virtual terhadap empat Program Kampung Iklim (Proklim) binaan Pertamina Refinery Unit Cilacap di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Keempat Proklim yang menjalani verifikasi sejak Senin hingga Jumat (9-13/8) tersebut, masing-masing berupa program konservasi mangrove terpadu di Dusun Lempong Pucung, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, program kampung mandiri energi di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, program Kampung Berkualitas (KB) "Gadis" di Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, dan Koperasi Kemirean Asri, Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap.

Pejabat sementara Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Edward Manaor Siahaan mengatakan keempat proklim tersebut memiliki ciri khas dan karakter berdasarkan kearifan lokal. 

"Seperti di Dusun Bondan yang sebelumnya gelap gulita di malam hari karena ketiadaan penerangan listrik, Pertamina hadir memberikan solusi berupa pemanafaatan energi angin dan matahari menjadi Pembangkit Listrik Tenag Hibrid (PLTH)," katanya.

Menurut dia, Pertamina juga bekerja sama dengan Politeknik Negeri Cilacap (PNC) melakukan rekayasa teknologi desalinasi yang mengubah air payau menjadi tawar dan layak konsumsi guna mengatasi permasalahan sulitnya akses air bersih di Dusun Bondan.

Baca juga: Pertamina Cilacap serahkan bantuan listrik "hybrid" (VIDEO)

"Dua program ini ternyata berdampak luas dengan munculnya aktivitas perekonomian baru sehingga turut menambah penghasilan masyarakat setempat," katanya.

Sementara dua proklim lainnya, kata dia, membawa misi pemberdayaan masyarakat melalui kekuatan dan potensi lokal yang ada. 

Dalam hal ini, Kampung KB "Gadis" mengubah wilayah yang sebelumnya kumuh dan banyak permasalahan sosial kemasyarakatan menjadi lebih nyaman dan produktif, sedangkan Koperasi Kemiren Asri memberdayakan kaum perempuan dengan berbagai aktivitas dan program inovatif.

"Intinya, sesuai misi Proklim melakukan adaptasi dan mitigasi dengan sumber daya yang ada, Pertamina hadir dan membersamai permasalahan masyarakat sekaligus bersama-sama menemukan solusi terbaik. Inilah bukti kehadiran Pertamina membawa misi perusahaan energi dengan semangat Energizing You," kata Edward.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap Her Sri Nintowati mengatakan verifikasi dilakukan secara virtual karena masa pandemi yang masih berlangsung. 

Menurut dia, verifikasi proklim Dusun Bondan dan Lempong Pucung dilakukan di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, sedangkan Kampung KB "Gadis" dan Koperasi Kemiren Asri di masing-masing lokasi proklim. 

"Jika tidak pandemi, biasanya tim verifikator dari KLHK didampingi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan langsung ke lokasi," katanya menjelaskan.

Dia mengatakan proklim binaan Pertamina menjadi bukti kehadiran perusahaan dalam menuntaskan permasalahan sosial yang dihadapi. 

"Peran Pertamina sangat penting dalam program ini. Sebagai pendamping dan fasilitator yang sejak awal terus mengawal keberadaan kampung Proklim binaannya hingga tahap saat ini. Kami sangat mengapresiasi semua itu," katanya.

Ia mengatakan usai verifikasi, tahap selanjutnya adalah penilaian layak dan tidaknya mendapatkan penghargaan. "Mudah-mudahan Proklim khususnya binaan Pertamina Cilacap layak mendapatkan penghargaan, minimal madya. Semoga," kata Nintowati.

Baca juga: Keluarga besar Pertamina galang dana untuk korban banjir di Cilacap
Baca juga: Pertamina Cilacap bersama warga sulap Jalan Banjaran jadi taman yang indah

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024