Jepara (ANTARA) - PT Pertamina memastikan pasokan elpiji di Jepara tersedia di agen dan pangkalan resmi Pertamina untuk penuhi kebutuhan sehari-hari, kata Unit Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho.

"Di Kabupaten Jepara selama sebulan terakhir memang terjadi lonjakan konsumsi elpiji dalam kurun waktu sebulan terakhir," ujarnya di Kudus, Rabu.

Ia mencatat rata-rata konsumsi harian elpiji bersubsidi saat ini berada di angka 34.500 tabung per hari. Namun elpiji bisa didapat di agen dan pangkalan resmi, baik untuk elpiji subsidi maupun non subsidi.

Brasto menuturkan terdapat 17 agen elpiji subsidi, tiga agen elpiji nonsubsidi, dan sedikitnya 1.473 pangkalan resmi PT Pertamina yang tersebar di seluruh kecamatan di Jepara.

Baca juga: Panen tembakau, penggunaan elpiji di Temanggung naik 30 persen

PT Pertamina juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan elpiji bagi masyarakat dan konsumen.

"Untuk informasi seputar lokasi agen dan pangkalan Pertamina hingga ketersediaan produk elpiji, masyarakat dan konsumen dapat memperoleh informasinya melalui Pertamina Call Center di nomor 135," ujarnya.

Alip, warga Mulyoharjo, Kecamatan Kota Jepara mengakui hingga kini masih mudah mendapatkan elpiji 3 kg karena masih tersedia di toko di pedesaan.

Pernyataan berbeda diungkapkan warga Margoyoso, Kecamatan Kalinyataman, Jepara, Yunan mengakui masih kesulitan mendapatkan elpiji bersubsidi.

"Jika benar ada jaminan pasokan dari PT Pertamina, saya akan mencoba membeli di toko terdekat yang selama ini menjual elpiji 3 kg," ujarnya. 

Baca juga: Pangkalan elpiji di Kudus diminta dahulukan konsumen rumah tangga
Baca juga: Pemkab Batang jamin stok sembako dan elpiji aman

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024