Semarang (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Cabang Semarang kembali menyalurkan bantuan beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021 dan kali ini didistribusikan ke keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga harapan (PKH) dan KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) di wilayah Kabupaten Kendal.

Kepala Bulog Cabang Semarang Titov Agus Sabelia menjelaskan penyaluran sebanyak 855 ton beras bantuan tersebut diperuntukkan bagi 85.565 keluarga penerima manfaat yang terdampak PPKM dan pendistribusian dimulai hari ini, Kamis (29/7).

"Dari 85.565 keluarga penerima manfaat tersebut terdiri dari 42.935 KPM PKH dan 42.630 KPM BST dimana masing-masing KPM mendapatkan 10 kg beras," kata Titov Agus Sabelia di sela pelepasan bantuan beras yang didistribusikan dengan diangkut menggunakan truk.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Kendal, Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Kendal, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Camat, dan Lurah Karangsari.

Bulog, lanjut Titov, berharap program tersebut berjalan dengan lancar dan dalam pelaksanaanya dapat terbangun koordinasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten, Dinas Sosial, Perum Bulog serta Pihak Transporter (DNR), sehingga bantuan diterima oleh KPM tepat waktu dan dapat memenuhi kebutuhan pokok keluarga penerima manfaat selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Penyerahan secara simbolis bantuan beras PPKM dimana masing-masing KPM akan mendapatkan bantuan beras sebanyak 10 kg dan waktu penyaluran pada bulan Juli-Agustus tersebut.
  Perum Bulog Kantor Cabang Semarang kembali menyalurkan bantuan beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021 di Kendal, Kamis. (ANTARA/HO-Bulog)

Bupati Kendal Dico M Daninduto pada penyerahan bantuan secara simbolis di Kelurahan Karangsari menyampaikan terima kasih dan mengakui besarnya manfaat yang dirasakan masyarakat apalagi di tengah PPKM yang kembali diperpanjang.

"Bantuan beras dari pemerintah pusat ini sangat bermanfaat di masa perpanjangan PPKM dan kami berharap agar dapat digunakan sebaik-baiknya agar dapat sesuai dengan tujuannya yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Dico.

Baca juga: 1.050 ton beras bantuan PPKM dibagikan di Kabupaten Semarang

Hal sama juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal Subarso yang mengatakan pemberian bantuan sosial berupa beras tersebut sangat dibutuhkan warga dan diharapkan dapat meringankan beban disaat pandemi seperti ini.

"Jadi selain mendapatkan bantuan tunai beras adalah bantuan yang sangat dibutuhkan masyarakat," kata Subarso sembari menyebutkan jumlah penerima bantuan untuk di wilayah Kabupaten Kendal.

Subarso menambahkan selain penerima manfaat PKH dan BST, pemerintah juga akan memberikan bantuan beras kepada warga terdampak lainnya yang akan disalurkan melalui Kodim, Polres, dan Dinas Sosial di luar penerima manfaat. 

Baca juga: Bulog salurkan bantuan beras PPKM di Salatiga

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024