Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mewakili Indonesia sebagai nominator penerima penghargaan ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Bidang Konservasi Air

Bupati Temanggung M Al Khadziq dalam siaran pers, di Temanggung, Jumat, menyampaikan pihaknya telah mempresentasikan berbagai program gerakan bebas sampah dan konservasi lingkungan hidup di depan tim Kementerian Lingkungan Hidup di Bogor pada Kamis (25/3).

Khadziq menjelaskan Temanggung dinilai unggul, karena mampu menjaga kualitas baku mutu air, mampu menjamin akses yang baik bagi penduduk terhadap air bersih, memiliki tradisi kuat di masyarakat untuk menghormati sumber-sumber air.

Baca juga: Peringati Hari Air, Temanggung tebar ikan dan tanam pohon

"Pemerintah daerah juga dinilai serius dalam menjaga kualitas lingkungan hidup dengan gerakan desa bebas sampah serta gerakan konservasi sabuk gunung yang melibatkan seluruh pemerintah desa dan semua unsur masyarakat," katanya.

Dalam presentasi tersebut, Bupati Temanggung didampingi oleh tim dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) serta Anggota Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung.

Presentasi dilakukan di depan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Novrizal dan tim panelis.

"Berikutnya hasil presentasi akan dikirim ke Sekretariat ASEAN," kata Khadziq. 

Baca juga: Bupati sebut Tol Semarang-Yogyakarta dukung pengembangan ekonomi Temanggung
Baca juga: Investor di Temanggung diminta kerja sama dengan potensi lokal

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024