Solo (ANTARA) - Stasiun Purwosari Solo membuka layanan tes cepat antigen untuk calon penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api jarak jauh.

"Baru hari ini buka, ini tadi beroperasi dari pukul 14.00-19.00 WIB," kata Kepala Stasiun Purwosari Solo Wagimin di Solo, Selasa.

Ia mengatakan mulai besok untuk pelayanan tes cepat antigen akan dilakukan pada pukul 07.00-21.00 WIB. Ia berharap pelayanan tersebut memudahkan calon penumpang karena tidak harus melakukan tes cepat antigen di Stasiun Solo Balapan.

Baca juga: Adi Soemarmo tetap layani tes cepat antigen

Sesuai dengan aturan, lanjutnya, untuk keterangan hasil tes cepat antigen hanya khusus diberlakukan bagi penumpang KA jarak jauh. Sedangkan untuk KA lokal atau jarak dekat cukup cek suhu tubuh.

"Seperti kalau di sini KA Prameks, cukup cek suhu," katanya.

Sementara itu, salah satu petugas kesehatan yang ada di Stasiun Solo Balapan, Solehah Ayu Setiaputri mengatakan pelayanan tes cepat antigen mulai diadakan sejak tanggal 22 Desember 2020.

"Ya awalnya kami harus memberikan pemahaman kepada masyarakat, karena mereka bertanya-tanya, awalnya dari antibodi ini berubah ke antigen, kami kasih pengertian, akurasi lebih tinggi," katanya.

Meski dua hari ini dilaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, tidak berpengaruh pada antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan.

"Kemarin 200 orang yang tes, ini tadi sampai siang sudah 116 orang. Kalau tes cepat antigen hasilnya maksimal 30 menit sudah keluar, biayanya Rp105.000, untuk syaratnya harus punya kode booking," katanya.

Baca juga: Kemenhub sediakan gratis tes antigen di terminal tipe A Jawa Tengah
Baca juga: KAI Purwokerto buka layanan tes cepat antigen di Stasiun Kebumen

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024