Boyolali (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali menyediakan fasilitas untuk melakukan tes cepat antigen kepada pemudik yang hendak kembali ke Jakarta menggunakan jalan tol, di rest area "Bale Nglaras" KM 487 Desa Gumukrejo, kabupaten setempat, Senin.

Satuan Lantas Polres Boyolali yang menyediakan fasilitas tes cepat antigen tersebut disambut baik oleh para pemudik yang hendak kembali ke daerah asal untuk memulai aktivitasnya seperti semula setelah liburan Natal dan Tahun Baru 2021.

Menurut Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Dwi Panji Lestari, melalui Kanit Dikyasa, Ipda Winarsih, masyarakat atau pemudik di tengah pandemi COVID-19 saat ini diwajibkan untuk membawa surat keterangan telah melakukan tes cepat antigen.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19. Kami memfasilitasi para pemudik mendapatkan surat keterangan itu, dengan menggelar tes cepat di rest area KM 487 Boyolali ini," kata Winarsih.

Winarsih mengatakan tes cepat antigen tersebut khusus bagi pemudik yang balik ke daerah asal atau Jakarta maupun Jawa Barat, pada saat mampir di rest area.

Baca juga: Kemenhub sediakan gratis tes antigen di terminal tipe A Jawa Tengah

"Kami meminta dan menyarankan pemudik yang belum membawa surat keterangan sehat COVID-19 untuk mengikuti tes cepat antigen," katanya.

Polres Boyolali telah melaksanakan tes cepat antigen tersebut untuk keempat kalinya, yakni dua kali di rest area Bale Nglaras Tol KM 487 jalur A dan dua kali di rest area Bale Nglaras KM 487 jalur B.

"Dari 150 orang yang mengikuti tes cepat antigen, ditemukan ada tiga orang yang reaktif dan disarankan untuk ke Puskesmas terdekat," katanya.

Menurut dia, ada tiga orang yang mengikuti tes cepat hasilnya reaktif. Pihaknya kemudian menyarankan mereka untuk segera berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat atau informasikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali.

Irwan, salah satu pemudik asal Brebes Jateng mengatakan dirinya senang bisa mengikuti tes cepat antigen yang digelar di rest area jalan tol ini. Karena, ia terbantu untuk mendapatkan surat keterangan bebas COVID-19.

"Kegiatan ini sangat membantu masyarakat. Saya hasil tes cepat antigen negatif," kata Irwan.

Baca juga: Belasan wartawan Pekalongan tes cepat antigen
Baca juga: KAI Purwokerto buka layanan tes cepat antigen di Stasiun Kebumen

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024