Temanggung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung telah telah mengusulkan 445.900 orang sebagai target vaksinasi COVID-19 ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

"Kita sudah mengusulkan, tetapi belum tahu nantinya mendapat jatah berapa, yang jelas pemberian vaksin akan berlangsung secara bertahap," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim di Temanggung, Senin.

Menurut dia, pelayanan vaksinasi COVID-19 akan dilaksanakan di 32 lokasi yang mencakup puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lain termasuk klinik milik Komando Distrik Militer dan Kepolisian Resor.

Baca juga: 62.560 vaksin COVID-19 tiba di Jateng
Baca juga: Ribuan tenaga kesehatan di Boyolali bakal divaksin tahap pertama

Pemerintah daerah, ia melanjutkan, menyiapkan 1.400 tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter, bidan, dan perawat untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi.

Khabib menjelaskan bahwa vaksinasi COVID-19 akan dilakukan pada warga berumur 18 sampai 59 tahun yang sehat, tidak punya penyakit bawaan, belum pernah terinfeksi virus corona, dan tidak punya gejala yang mengarah pada infeksi virus corona.

Ia mengatakan bahwa pada tahap pertama vaksinasi diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik dan selanjutnya pada kelompok masyarakat yang lain.

"Pada intinya semua wajib divaksin untuk kelompok umur 18-59 tahun," katanya.

Sebanyak 62.560 vaksin COVID-19 untuk Provinsi Jawa Tengah sudah sampai di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang pada Senin dini hari.

Baca juga: Pemerintah data tenaga kesehatan sasaran vaksinasi COVID-19
Baca juga: 6.000 vaksin COVID-19 di Kudus diprioritaskan untuk tenaga kesehatan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024