Demak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menyebutkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Demak 2020 mencapai 73,13 persen.

"Total warga Demak yang menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Demak yang digelar 9 Desember 2020 sebanyak 625.792 pemilih dari total pemilih sebanyak 855.713 pemilih," kata Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi di Demak, Jawa Tengah, Rabu.

Meskipun demikian, kata dia, target secara nasional belum tercapai karena nasional menargetkan 77,5 persen.

Baca juga: Hendi-Ita menangi Pilkada Kota Semarang dengan 716.693 suara.

Ia mengaku tetap bersyukur bisa meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19 dipastikan aman dari paparan virus corona karena sudah disiapkan, mulai dari sarana dan prasarana pendukung hingga para petugas di tempat pemungutan suara (TPS) juga dipersiapkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tingginya partisipasi pemilih di tengah pandemi, menurut dia, salah satunya karena adanya sosialisasi dari jajaran KPU dan upaya meyakinkan pemilih pilkada di situasi pandemi aman.

"Bisa juga masyarakat panasaran dan ingin menjadi pelaku sejarah sebagai warga negara yang baik dengan berpartisipasi dalam pilkada yang masih dalam masa bencana non-alam COVID-19," ujarnya.

Sementara rekapitulasi hasil pemungutan perolehan suara oleh KPU Demak yang digelar di Hotel Amantis, Rabu, dengan dihadiri saksi pasangan calon, Panwas Pilkada Demak, Forkompinda, dan sejumlah tamu undangan diketahui peraih suara terbanyak pasangan Eisti'anah-Ali Makhsun.

Dukungan untuk pasangan nomor urut 1 tersebut totalnya mencapai 346.878 suara, sedangkan pasangan nomor urut 2 Mugiyono-Muhammad Badruddin meraih dukungan 263.624 suara.

Jumlah total suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak pada 9 Desember 2020 sebanyak 625.792 suara. Sedangkan jumlah suara tidak sah berjumlah 15.290 suara.

Pilkada Demak yang berlangsung pada 9 Desember 2020 diikuti dua pasangan calon, yakni Eisti'anah-Ali Makhsun yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKB, PPP, PAN, dan Partai Demokrat, serta pasangan Mugiyono-Muhammad Badruddin diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Nasdem.

Baca juga: Hasil penghitungan KPU, Gibran-Teguh raih 86,54 persen suara
Baca juga: Partisipasi pemilih Pilkada Kota Semarang meningkat menjadi 68,62 persen

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024