Cilacap (ANTARA) - Keluarga besar Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, kembali menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat yang terdampak berbagai macam bencana alam, salah satunya tanah longsor.

Bantuan yang disalurkan melalui Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU IV Cilacap berupa sembako dan material bangunan yang ditujukan untuk para korban tanah longsor dan bencana lain di Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap.

Bantuan senilai Rp25 juta itu diserahkan secara simbolis oleh perwakilan pengurus BDI Pertamina RU IV Edwin Dwi Nugroho kepada Camat Karangpucung Martono, Minggu (29/11). 

"Bantuan berupa material akan digunakan untuk merenovasi rumah yang terdampak longsor," kata Martono.

Baca juga: Pertamina RU IV Cilacap ajak UMKM binaannya naik kelas

Ia mengakui musim hujan kali ini berdampak pada terjadinya bencana tanah longsor, tanah bergerak, dan banjir bandang di delapan desa pada tanggal 17 November 2020. 

"Dampaknya cukup banyak kerusakan di sektor pemukiman, pertanian, dan perikanan," katanya.

Menurut dia, kerusakan yang paling menonjol adalah 16 rumah warga roboh dan rusak berat, serta 1 ruang kelas SMP 1 Atap di Karangpucung ambruk tertimpa material longsoran. 

Akibat kejadian tersebut, kata dia sejumlah warga mengungsi di rumah tetangganya yang lebih aman maupun memanfaatkan fasilitas umum lainnya.

Baca juga: Pertamina RU IV Cilacap ajak UMKM binaannya naik kelas

Lebih lanjut, dia memberikan apresiasi atas kepedulian sosial Pertamina RU IV terhadap bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Karangpucung.

"Atas nama pemerintah kecamatan dan warga, kami mengucap syukur dan terimakasih kepada Pertamina atas bantuan yang kami terima. Semoga menjadi jalan menambah keberkahan bagi Pertamina,” katanya.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan kepedulian pada warga yang terdampak bencana juga menjadi tanggung jawab Pertamina, khususnya sebagai BUMN di bidang energi. 

"Kami sebagai salah unit operasi BUMN yang berada di Cilacap, berbagi pada sesama termasuk korban bencana alam. Ini sekaligus menjadi energi baru kami untuk selalu menebarkan manfaat di manapun berada,” katanya.

Baca juga: Pertamina Group serahkan bantuan bagi korban bencana di Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024