Semarang (ANTARA) - Lembaga filantropi Tanoto Foundation berkomitmen terus meningkatkan kualitas pendidikan di dalalm negeri melalui langkah kolaborasi dengan pemerintah.

"Komitmen kami untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia tidak ada batas karena di Tanoto Foundation kami yakin bahwa pendidikan berkualitas adalah kunci untuk menciptakan kesetaraan peluang," kata Dewan Pembina Tanoto Foundation Belinda Tanoto melalui rilis yang diterima oleh Antara di Solo, Minggu.

Ia mengatakan salah satu yang dilakukan oleh lembaga tersebut adalah bekerja sama dengan pemerintah dan berprinsip untuk melakukan perubahan secara terus-menerus. 

"Komitmen kami adalah berinvestasi di pendidikan dari anak-anak pendidikan usia dini sampai anak-anak usia produktif, seluruh siklus pembelajaran," katanya.

Salah satu program yang dilaksanakan untuk membuktikan komitmen tersebut, belum lama ini tepatnya pada tanggal 24-25 November 2020 pihaknya menyelenggarakan Tanoto Facilitator Gathering (TFG 2020) melalui virtual. 

Pada acara tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Tanoto Foundation untuk percepatan kualitas pendidikan.

"Tanoto Foundation telah banyak mengambil peran untuk menciptakan percepatan peningkatan kualitas pendidikan di berbagai penjuru negeri. Semangat kita masih sejalan, yaitu ingin terus bersama-sama, bergotong-royong, memperbaiki kualitas pembelajaran, dan kepemimpinan sekolah demi anak-anak kita," katanya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menegaskan komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik atau "student centre". 

"Kami berkomitmen membangun sistem dan ekosistem pendidikan di Indonesia yang merdeka belajar dan selalu berpihak kepada murid. Salah satunya adalah melalui program Guru Penggerak yang mendorong guru dan kepala sekolah menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan," katanya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati mengatakan acara TFG 2020 merupakan ajang pertemuan dan belajar bersama bagi seluruh fasilitator yang tergabung dalam Tanoto Foundation. 

"Kegiatan ini kami dedikasikan untuk seluruh fasilitator program PINTAR Tanoto Foundation yang telah berjibaku menjadi mentor dan penggerak bagi pendidik yang lain. Kegiatan ini merupakan wujud inovasi Tonoto Foundation untuk pendidikan berkualitas di Indonesia yang inisiatifnya telah kita lakukan sejak tahun 2010," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024