Temanggung, Jateng (ANTARA) - Bupati Temanggung, Jawa Tengah M. Al Khadziq meminta kepada masyarakat daerah itu untuk siap divaksinasi COVID-19 agar virus tersebut sirna dari daerah setempat.

"Jika pemerintah pusat nanti membagikan vaksin kepada masyarakat saya mohon semua masyarakat Temanggung untuk siap diberikan vaksin agar COVID-19 ini segera sirna dari bumi Kabupaten Temanggung," katanya di Temanggung, Rabu.

Ia menyampaikan apabila COVID-19 telah sirna maka masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya.

"Sampai hari ini memang Dinas Kesehatan juga belum ada instruksi dari pusat untuk kita bersiap-siap melakukan vaksinasi, tetapi manakala nanti ada perintah dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi kepada penduduk, saya pastikan Pemkab Temanggung dan Dinkes Kabupaten Temanggung senantiasa siap untuk menjalankan vaksinasi," katanya.

Bahkan, katanya Pemkab Temanggung memohon kepada pemerintah pusat ketika vaksin COVID-19 sudah siap diberikan kepada masyarakat, Kabupaten Temanggung supaya diprioritaskan sebagai daerah pertama mendapat vaksin tersebut.

"Hal ini mengingat kondisi kesehatan masyarakat Kabupaten Temanggung yang harus dijaga, nyawa masyarakat Kabupaten Temanggung harus diselamatkan," katanya.

Ia menyampaikan berdasarkan laporan terakhir, haingga saat ini rumah sakit masih bisa menangani, kamar juga masih tersedia meskipun sudah mendekati batas atas.

"Kalau masyarakat tidak berhati-hati dan kasus COVID-19 semakin tinggi ke depan bukan tidak mungkin rumah sakit akan tidak mampu menangani lagi," demikian M. Al Khadziq.

Baca juga: Bio Farma jelaskan tujuh langkah vaksinasi mandiri

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024