Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar acara wisuda secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung oleh televisi komunitas, yakni UMPTV yang dikelola perguruan tinggi Muhammadiyah tersebut. 

Kendati digelar secara daring, acara wisuda yang disiarkan secara langsung dari Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Sabtu, dihadiri 12 wisudawan/wisudawati sebagai perwakilan dari 11 fakultas dan program pascasarjana.

"Ini menjadi wisuda virtual pertama di UMP pada masa pandemi. Sejumlah 12 mahasiswa tersebut mewakili 1.219 orang wisudawan dari 11 fakultas dan program pascasarjana yang hanya dapat mengikuti prosesi wisuda melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di UMPTV," kata Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho.

Ia mengakui dalam situasi prihatin karena adanya pandemi COVID-19 seperti saat sekarang, maka semua lini kehidupan mau-tidak mau harus berubah mengikuti adaptasi kebiasaan baru, tidak terkecuali UMP dalam melaksanakan wisuda tersebut.

Baca juga: UMP kemas PKKMB secara daring

Meskipun jumlah wisudawan/wisudawati yang hadir hanya dibatasi 12 orang, dia mengatakan seluruh anggota Senat UMP hadir dalam acara wisuda tersebut.

Sementara Wakil Rektor UMP Bidang Akademik Dr. Jebul Suroso mengatakan 12 wisudawan yang menjadi perwakilan dalam acara wisuda tersebut dipilih dari kalangan wisudawan yang tempat tinggalnya dekat dengan Kampus UMP.

"Mereka telah diperiksa kesehatannya, termasuk orang tuanya yang kami undang," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan dari 1.219 wisudawan/wisudawati tersebut, sebanyak 419 orang di antaranya mendapat predikat cumlaude.

Menurut dia, wisudawan/wisudawati tersebut berasal dari Fakultas Ilmu Keguran dan Ilmu Pendidikan sebanyak 285 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 160 orang, Fakultas Teknik dan Sains sebanyak 128 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 29 orang, Fakultas Ilmu Agama Islam sebanyak 40 orang, Fakultas Psikologi sebanyak 108 orang, dan Fakultas Farmasi sebanyak 91 orang.

Selain itu, Fakultas Sastra sebanyak tiga orang, Fakultas Hukum sebanyak 39 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan (S1 dan D3) sebanyak 255 orang, dan Fakultas Kedokteran sebanyak 47 orang serta Program Pascasarjana sebanyak 34 orang. (tgr)

Baca juga: Ribuan mahasiswa Masta IMM UMP deklarasikan Milenial Melawan COVID-19
Baca juga: UMP buka pesantren untuk mahasiswa

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024