Purwokerto (ANTARA) - Seorang nelayan dilaporkan hilang akibat tenggelam di Pantai Logending, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari HNSI Kabupaten Kebumen, korban diketahui bernama Rimin (40), warga Desa Banjarsari RT 06 RW 02, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin siang.

Ia mengatakan peristiwa nahas itu terjadi pada hari Senin (14/9), sekitar pukul 12.50 WIB, saat korban bersama rekannya, Edi Suyatno (25), warga Desa Banjarharjo RT 06 RW 02, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, hendak pulang setelah mencari ikan di laut.

Baca juga: Basarnas Cilacap lanjutkan pencarian korban tenggelam di Kebumen dan Purworejo

Akan tetapi sesampainya di pintu masuk Pelabuhan Pantai Logending, kata dia, perahu yang mereka tumpangi dihantam gelombang dari arah belakang hingga terhempas dan tenggelam.

Akibat kejadian tersebut, lanjut dia, kedua nelayan tersebut turut tenggelam dan salah seorang di antaranya, yakni Edi Suyatno berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan yang kebetulan saat itu sedang melakukan pencarian terhadap seorang wisatawan asal Banyumas yang tenggelam di Pantai Logending.

Menurut dia, korban atas nama Edi Suyatno selanjutnya dievakuasi oleh tim SAR menuju Puskesmas Demangsari untuk mendapatkan pertolongan, sedangkan korban atas nama Rimin hingga saat ini masih dalam pencarian.

Terkait dengan kejadian tersebut, Nyoman mengatakan pihaknya segera menambahkan satu regu Basarnas KPP Cilacap untuk untuk memperkuat satu regu Basarnas lainnya yang telah menggelar operasi SAR di Pantai Logending sejak hari Sabtu (12/9).

"Kami memberangkatkan lagi satu regu Basarnas ke Logending untuk bergabung bersama rekan-rekannya dan potensi SAR lainnya yang saat ini sedang menggelar operasi pencarian dan pertolongan di tempat itu," katanya.

Menurut dia, operasi SAR yang digelar sejak hari Sabtu (12/9) dilakukan untuk mencari seorang wisatawan atas nama Ika Listiyani (20), warga Desa Pekuncen, Kabupaten Banyumas, yang hilang akibat terhempas gelombang saat berswafoto di Pantai Logending. 

Baca juga: Seorang nelayan hilang setelah perahunya dihantam ombak
Baca juga: Tim SAR gabungan temukan wisatawan yang hilang di Pantai Jetis

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024