Batang (ANTARA) - Unit Pelayanan Pajak Daerah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyatakan optimistis mampu memenuhi target pendapatan pajak kendaraan bermotor pada 2020 yang ditetapkan sebesar Rp78,4 miliar.

Kepala Seksi PKB UPPD Samsat Kabupaten Batang Cecep Suparman di Batang, Rabu, mengatakan bahwa selama Januari 2020 hingga  Agustus 2020 penerimaan PKB mencapai Rp41,745 miliar atau sekitar 53,25 persen dari target  Rp78,400 miliar.

"Adapun penerimaan PKB sejak 1-8 September 2020 mencapai Rp227,5 juta. Dengan menyisakan waktu sekitar empat bulan ke depan, kita terus mengupayakan target PKB dapat terlampaui," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan terus menggenjot penerimaan PKB agar target pendapatan yang ditetapkan sebesar Rp78,400 miliar terlampaui seperti melakukan sosialisasi melalui media sosial (medsos), Samsat Malam yang dilakukan mulai pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Kemudian, kata dia, membuka titik pelayanan di Kantor Kejaksaan Negeri Batang yang bertepatan pada kegiatan sidang bukti pelanggaran (tilang) dari hasil razia.

Baca juga: Samsat Batang himpun PKB Rp20,9 miliar

"Melalui razia dan titik layanan di kejari setempat, penerimaan PKB dapat didongkrak karena kendaraan yang mengalami keterlambatan membayar pajak harus membayar pajak pada samsat," katanya.

Menurut dia, hal yang memengaruhi penerimaan PKB antara lain tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang dan masih banyaknya kendaraan hilang maupun rusak berat yang tidak dilakukan pelaporan pada kepolisian.

"Selain itu, wabah pandemi COVID-19 yang hingga kini belum selesai juga mempengaruhi tingkat penerimaan PKB," katanya.

Adapun terkait penerimaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) selama Januari 2020 hingga akhir Agustus 2020 sudah baru mencapai sekitar Rp28,5 miliar atau 42 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp67,2 miliar.

"Di tengah masa pandemi COVID-19 pertumbuhan penerimaan BBNKB memang tidak terlalu siginifikan karena wajib pajak lebih menguatamakan kebutuhan hidupnya daripada untuk membeli kendaraan," katanya.

Baca juga: Cukup efektif, Samsat-Orari lanjutkan kerja sama ingatkan penunggak pajak
Baca juga: Samsat Batang himpun PKB Rp53,265 miliar

Pewarta : Kutnadi
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024