Semarang (ANTARA) - Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh divisi bisnis yang ada dalam Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk, kembali berbagi 15 ventilator dan 5 di antaranya diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Penyerahan 5 ventilator kepada Pemprov Jateng diserahkan Candra Satria sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) Astra Financial Jawa Tengah dan diterima Ganjar Pranowo selaku Gubernur Provinsi Jawa Tengah, di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Rabu.

Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Paulus W sebagai Korwil Astra Group Affiliated Companies (Affco) Semarang, Wisnu Wibowo sebagai Kepala Wilayah (Kawil) UD Truck Jawa Tengah Jawa Timur, Henny Nurul sebagai Sekretaris Affco Semarang, Yulianto sebagai Koordinator Wilayah Sigap, Kurnia Arya sebagai REP Head IBID, dan Paulus Adi sebagai DGM TMJ .
Suparno Djasmin, Director In Charge (DIC) Astra Financial mengatakan Astra benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini dan mengupayakan pengadaan ventilator di beberapa provinsi.

Baca juga: Penjualan mobil Indonesia terjun bebas 95,7 persen

"Hari ini adalah penyerahan pertama dari Astra Financial sebanyak 5 unit ventilator yang berasal dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) sebanyak 3 unit, dan PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) sebanyak 2 unit. Kami berharap Bapak Gubernur bisa menerima dengan baik bantuan Astra Financial ini untuk diserahkan ke rumah sakit yang membutuhkan," katanya.

Sebelumnya, pada 27 April 2020, Grup Astra di bawah komando PT Astra International Tbk pada tahap pertama telah membagikan 30 ventilator kepada 3 rumah sakit yang menjadi rujukan pasien COVID-19 di Jakarta yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (5 unit).

Kemudian tahap kedua, 10 ventilator disalurkan ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua pada bulan Juni-Juli lalu dan tahap ketiga, Grup Astra akan menyerahkan 40 unit ventilator, di mana Astra Financial mendapat porsi 15 unit ventilator dan diawali dengan penyerahan 5 ventilator di Provinsi Jawa Tengah.

Suparno menambahkan dalam waktu dekat juga akan diserahkan 10 ventilator dengan rincian, yaitu 8 unit ventilator dari PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang dibagikan ke Sumatera Utara (3 unit), Jawa Barat (1 unit), Singkawang (1 unit) Nusa Tenggara Barat (1 unit), Bali (2 unit), serta 2 unit ventilator dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) yang diserahkan ke Jawa Barat.

“Sesuai dengan arahan Astra International Tbk kami kebagian 15 unit ventilator untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan dalam merawat pasien COVID-19. Ini merupakan kontribusi dari perusahaan Astra Financial, yaitu PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), dalam membantu masyarakat di masa pandemi ini,” kata Suparno.

Suparno menambahkan kiprah Astra Financial selama pandemi untuk penanganan yang terdampak COVID-19 di Indonesia, Grup Astra mulai April 2020 melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan dari tahap pertama hingga tahap keempat senilai Rp131 miliar.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih kepada Astra yang telah memberikan bantuan ventilator kepada Pemprov Jateng karena memang diperlukan di tengah pandemi COVID-19.

"Terima kasih untuk Astra dan dalam kesempatan kali ini saya titip agar selalu jaga protokol kesehatan, jaga jarak, selalu gunakan masker, serta memperhatikan mekanisme yang memungkinkan agar tidak bersinggungan," kata Ganjar.

Baca juga: Astra Peugeot siap dongkrak pasar SUV
Baca juga: Menara Astra lantai 58 keluarkan asap, kini sudah beroperasi normal


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024