Solo (ANTARA) - Astra Peugeot Indonesia siap mendongkrak pasar kelas SUV dengan meluncurkan New Peugeot 3008 dan 5008 SUV Allure Plus yang sempat tersendat pada tahun lalu.

"Kalau melihat tahun 2019 memang merupakan tahun yang berat bagi industri otomotif. Ini bukan hanya terjadi di tempat kami tetapi juga di tempat lain," kata Chief Executive Operational Astra Peugeot Rokky Irvayandi di sela peluncuran New Peugeot 3008 dan 5008 SUV Allure Plus di Mal The Park Solobaru, Kabupaten Sukoharjo, Kamis.

Ia mengatakan salah satu alasan penurunan volume jual di tahun tersebut karena pada saat itu merupakan tahun politik. Bahkan, dikatakannya, secara nasional pangsa pasar mengalami penurunan 10 persen.

"Jadi tahun lalu kan ada pilpres, suhu politik tinggi membuat orang cenderung 'wait and see'. Mereka pilih menunggu dan menunda beli mobil," katanya.

Mengenai penjualannya, Head of Sales Astra Peugeot Fredy Jeo mengatakan pada tahun ini pasar Jawa Tengah khususnya Solo dan sekitarnya meningkatkan target penjualan. Jika pada tahun lalu realisasi penjualan sebanyak 11 unit untuk tipe GT Line, untuk tahun ini meningkat menjadi 30 unit.

"Targetnya bisa menjual 15 unit untuk tipe 3008 dan 15 unit untuk 5008 Allure Plus. Apalagi sekarang kan harga lebih kompetitif, yang pasti target ini sesuai dengan kebutuhan Solo," katanya.

Sementara itu, After Sales Department Head Astra Peugeot Aidil FB Swastomo mengatakan salah satu keunggulan produk terbaru tersebut yaitu adanya perubahan dimensi yang memberikan dampak pada perluasan kabin sehingga penumpang lebih nyaman.

"Selain itu ada pula 'active lane keeping assist'. Sistem ini membantu kendaraan tetap dijalurnya. Ketika pengendara mulai mengantuk maka setir akan bergerak sendiri tetapi ini hanya berlaku untuk kecepatan 60-180 km/jam," katanya.

Meski demikian, dikatakannya, tidak disarankan pengemudi melepas kemudinya karena sistem tersebut hanya memberikan efek kejut.

"Selain itu ada juga 'blind spot information system'. Sistem ini mampu menjangkau objek yang tidak terlihat oleh spion," katanya.

Mengenai harga, dikatakannya, untuk New Peugeot SUV 3008 Allure Plus dibandrol dengan harga Rp670 juta, sedangkan New Peugeot 5008 Allure Plus di harga Rp720 juta.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024