Solo (ANTARA) - Bakal pasangan calon Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa berjanji menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2020 damai sekaligus menaati protokol kesehatan.

"Kami berjanji untuk menciptakan Pilkada Surakarta yang damai, sekaligus menaati protokol kesehatan selama berlangsungnya pesta demokrasi di Solo," kata Balon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, usai pendaftaran sebagai calon di KPU Surakarta, Jateng, Jumat.

Gibran bersama balon Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa telah resmi mendaftarkan diri sebagai calon dalam Pemilihan Kepala Daerah Surakarta 2020, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pasangan Gibran dan Teguh yang diusung PDIP pada Pilkada Surakarta tersebut juga mendapat dukungan dari parpol lainnya, yakni Golkar, PKB, PPP, PAN, Gerindra, PKB, NasDem, dan PSI, serta sejumlah relawan Gibran.

Menurut Gibran, relawannya sudah sepakat akan menginduk ke partai. Karena mereka sudah sepakat bersinergi dengan partai dengan tujuan sama.

Baca juga: Bakal paslon Pilkada 2020, Gibran-Teguh, resmi daftar ke KPU Surakarta

Dia mengaku bersama Teguh Prakosa sudah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta di KPU Surakarta. Tahapan selanjut cek kesehatan bagi bakal paslon yang akan dilaksanakan pada 8 hingga 9 September mendatang.

"Saya sudah mendapat surat pemberitahuan untuk cek kesehatan pasangan calon dilakukan pada tanggal 8-9 September mendatang," katanya.

Ketua DPC PDIP Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan Gibran-Teguh sudah resmi mendaftarkan diri ke KPU dan mesin-mesin partai sudah dipanasi, serta dukungan komunitas juga sudah mulai dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menyinggung soal partainya untuk mendorong masyarakat agar tingkat partisipasi dalam Pilkada 2020 meningkat, kata dia, dengan cara pendekatan di tengah pandemi.

"Kami setiap malam melakukan konsolidasi untuk menyakinkan kepada masyarakat yang memiliki hak pilih, bahwa sebanyak 1.231 TPS dalam pilkada saat ini, dalam kondisi aman," katanya.

Ia mengatakan masyarakat tidak ada alasan untuk tidak hadir ke tempat pemungutan suara pada 9 Desember mendatang.

Namun, katanya, yang terpenting semua merasakan nyaman dan aman di setiap TPS.

Baca juga: Purnomo beri pesan pasangan Gibran-Teguh
Baca juga: Pilwalkot Solo, PPP dan PKB dukung Gibran-Teguh
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024