Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengajak anggota Pramuka di wilayah setempat untuk terus berperan aktif menyosialisasikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah COVID-19.

"Kami mengajak Pramuka untuk terus berperan aktif menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru dan protokol kesehatan," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Sabtu.

Bupati mengapresiasi Gerakan Pramuka di Purbalingga yang selama ini telah banyak mendukung program-program pemerintah kabupaten.

Ia mencontohkan selama pandemi COVID-19 ini, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purbalingga telah melakukan berbagai hal dalam rangka mendukung upaya pemkab dalam memutus mata rantai COVID-19.

"Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purbalingga telah banyak mendukung upaya pemerintah mulai dari sosialisasi COVID-19 dengan keliling menggunakan kendaraan roda empat hingga membagikan sembako bagi warga terdampak, bahkan hari ini anggota pramuka membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap Gerakan Pramuka di Purbalingga akan makin jaya dan maju.

Baca juga: Kwarda ajak pramuka menjadi pelopor dalam bersikap

"Kami juga berharap Gerakan Pramuka akan terus melahirkan tunas-tunas muda yang berkarakter, yang berjiwa Pancasila, berbudi pekerti luhur dan tentunya bisa terus berkontribusi terhadap kemajuan daerah dan bangsa Indonesia termasuk dalam sosialisasi protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga Subeno menambahkan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purbalingga sangat peduli dengan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Sejak awal kemunculan COVID-19, Gerakan Pramuka selalu hadir bersinergi dengan tim gugus tugas. Langkah awal berupa kerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pemantauan lalu lintas kendaraan yang masuk ke Kabupaten Purbalingga. Posko ini didirikan di sejumlah pintu masuk Purbalingga," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah melakukan pembagian sembako yang ditujukan bagi warga terdampak COVID-19 sebagai bentuk kepedulian sosial.

Dia menambahkan pada hari ini pihaknya juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat yang membutuhkan guna menyukseskan gerakan tertib masker dalam rangka mencegah COVID-19.

Baca juga: Perkemahan mampu dekatkan pramuka ke masyarakat
Baca juga: Pramuka diajak ikut kawal kesehatan masyarakat


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024