Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, terus mengintensifkan sosialisasi Pilkada 2020 kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat.

"Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 karena itu kami gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat," kata Anggota KPU Purbalingga Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto di Purbalingga, Senin.

Dia menjelaskan bahwa pemilihan bupati dan wakil bupati pada periode kali ini merupakan pemilihan yang penuh tantangan karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

"Pemilihan kali ini dilaksanakan penuh tantangan di tengah pandemi COVID-19 sehingga harus betul-betul menerapkan protokol kesehatan, yaitu pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya," katanya.

Dia menambahkan bahwa kondisi ini juga memunculkan tantangan dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

"KPU Purbalingga tentu menghadapi tantangan yang besar dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih, karena kondisi pandemi tidak memungkinkan kami mengumpulkan kerumunan massa untuk melakukan sosialisasi," katanya.

Dengan demikian, katanya, sosialisasi terus digencarkan dengan berbagai strategi salah satunya melalui media sosial.

"Tujuannya agar sosialisasi tetap dapat berjalan dan tingkat partisipasi pemilih nantinya akan tetap sesuai dengan target yang diharapkan," katanya.

Dia mengatakan tingkat partisipasi pemilih merupakan salah satu indikator suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Dia mengatakan, selain melalui media sosial, pihaknya juga masih menggencarkan sosialisasi ke tempat-tempat umum dengan cara publikasi keliling, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan menjaga jarak fisik.

"Prinsip kami adalah seluruh tahapan dapat dilakukan dengan lancar namun dengan tetap aman dari kemungkinan paparan COVID-19," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen lebih.

Dia menambahkan untuk mencapai target tersebut maka pihaknya terus mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada di wilayah itu.

"Harapan KPU Purbalingga untuk seluruh masyarakat di kabupaten, yakni mari sukseskan Pilkada Purbalingga dan gunakan hak suara saat hari pemilihan nanti," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024