Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan program peduli sehat dengan berkunjung ke sejumlah tempat pelayanan publik sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19, Jumat (13/3).

Kepala Polres Batang AKBP Abdul Waras di Batang, Jumat, mengatakan bahwa dengan berpola hidup bersih dan sehat maka kondisi kesehatan masyarakat akan terjaga.

"Kami mengajak masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan cairan antiseptik. Oleh karena, kami juga minta pada instansi pelayanan publik menyediakan cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona," kata mantan Kapolres Wonosobo itu.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Polres Wonosobo kampanye cuci tangan

Pada kegiatan itu, Polres Batang juga melakukan sosialisasi pada masyarakat agar tidak panik menyikapi wabah virus corona karena penyakit itu dapat ditangkal dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Sebagai bentuk kepedulian pencegahanCOVID-19, Polres Batang juga menyediakan cairan antiseptik di sejumlah tempat layanan SIM, BPKB, SKCK, dan sidik jari.

Selain itu, Kapolres bersama anggotanya melakukan kunjungan ke sejumlah tempat seperti sekolah Taman Kanak-Kanak Bhayangkari, sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah atas (SMA) untuk memberikan edukasi cara hidup sehat dan bersih pada para pelajar.

Baca juga: 23 tersangka narkoba dibekuk

"Hand sanitizer disediakan terutama pada pusat pelayanan kami, seperti di tempat SIM, BPKB, SKCK, PKT, dan sidik jari. Adapun, untuk pencegahan penyebaranh pada anggota dengan melakukan deteksi suhu badan mereka untuk memastikan kondisi kesehatannya," katanya.

Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 22 Batang, Ida Rosmani mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Polres Batang dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus korona akan berdampak positif pada para siswa TK melakukan pola hidup bersih dan sehat.

"Edukasi mencuci tangan ini akan membudayakan anak-anak berpola hidup sehat dan bersih. Mereka akan terbiasa mencuci tangan sebelum makan hingga usia dewasa nanti," katanya.**m
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024