Wonosobo (ANTARA) - Kepolisian Resor Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat, melakukan gerakan peduli kesehatan dan kebersihan dengan mengkampanyekan enam  langkah mencuci tangan untuk mengantisipasi virus Corona (COVID-19) di sejumlah sekolah dan tempat keramaian.

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran, antara lain TK Bhayangkari, sejumlah SD di sekitar Polres Wonosobo, SMKN 1 Wonosobo, pusat perbelanjaan, alun-alun dan pusat keramaian lain.

Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto mengatakan seluruh keluarga besar Polri harus menggelorakan gerakan kebersihan terkait merebaknya virus corona dan DBD baru-baru ini.

Baca juga: Nasib salaman kita karena virus corona

"Pagi ini kita melakukan sosialisasi 6 langkah mencuci tangan yang benar kepada anak-anak sekolah dan masyarakat, meski kebanyakan dari kita sudah mencuci tangan namun biasanya belum bersih benar sesuai anjuran WHO," katanya.

Gerakan cuci tangan yang benar dan lengkap diperagakan oleh sejumlah Polwan, anggota Dalmas, dan personel Polres Wonosobo lainnya. Agar mudah diingat, gerakan-gerakan tersebut diiringi musik dari aplikasi yang sedang digemari masyarakat yaitu Tik Tok.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut pihak Urkes Polres Wonosobo juga membagikan sejumlah cairan pencuci tangan (hand sanitizer) kepada pihak sekolah maupun lokasi perbelanjaan.

Baca juga: Bupati: Ingatkan enam langkah cuci tangan

"Kami berharap cairan cuci tangan yang kita bagikan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar sering cuci tangan untuk mencegah penyebaran virus corona yang mulai ada di negara kita," katanya.

Kapolres berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga imunitas, makan makanan bergizi dan olahraga.

Menurutnya hal tersebut cukup untuk mengurangi risiko terjangkit berbagai virus dan berbagai penyakit lain. 

Baca juga: Pusat Mitigasi Unsoed ajak masyarakat rutin cuci tangan, cegah corona
Baca juga: Begini cara mencuci tangan untuk mencegah Covid-19


 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024