Purwokerto (ANTARA) - Pusat Mitigasi Universitas Jenderal Soedirman (Pusmit Unsoed) mengajak masyarakat untuk rutin melakukan cuci tangan memakai sabun guna mencegah virus corona jenis baru (Covid-19).

"Cara terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19 adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun sesering mungkin," kata anggota Bidang Mitigasi Kesehatan Pusmit Unsoed Arif Imam Hidayat di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis.

Dia juga mengatakan cara lainnya untuk mencegah corona dengan menghindari menyentuh wajah sebelum mencuci atau membersihkan tangan.

Selain itu, kata dia, masyarakat perlu menjaga daya tahan tubuh dan mengonsumsi makanan bergizi serta rutin melakukan olahraga.

"Dengan pemahaman yang tepat dan kesadaran dari semua elemen masyarakat maka kita akan mampu mencegah meluasnya Covid-19 di Indonesia," katanya.

Baca juga: Begini cara cuci tangan yang baik menurut standar internasional

Dia juga mengingatkan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan namun tidak perlu panik yang berlebihan.

"Perlukah kita panik menghadapi kasus Covid-19? Jawabannya adalah tidak, tidak perlu panik dan tidak perlu selalu menggunakan masker karena penggunaan masker bagi orang yang sehat sebenarnya tidak diperlukan," katanya.

Perilaku hidup bersih dan sehat dan membudayakan cuci tangan menggunakan sabun serta menjaga daya tahan tubuh, kata dia, lebih efektif mencegah penyakit daripada penggunaan masker.

Selain itu dia juga mengingatkan mengenai pentingnya menerapkan etika batuk dan bersin guna mencegah penularan berbagai penyakit.

"Perlu menerapkan etika batuk dan bersin di tempat umum yaitu menutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk menggunakan tisu," katanya.

Baca juga: Cegah virus, penjual makanan segar harus sering cuci tangan
Baca juga: ASN Kota Magelang kampanye gerakan cuci tangan


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024