Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono mengingatkan masyarakat di wilayahnya mengenai pentingnya melakukan enam langkah cuci tangan guna mencegah berbagai penyakit termasuk Covid-19.

"Masyarakat Banjarnegara agar selalu rutin melakukan enam langkah cuci tangan menggunakan sabun dan juga air mengalir," katanya di Banjarnegara, Minggu.

Bupati menjelaskan enam langkah cuci tangan tersebut dimulai dari menggosok kedua telapak tangan dengan sabun. Setelah itu menggosok punggung tangan dan sela-sela jari sisi luar tangan kiri dan juga sebaliknya. Setelah itu menggosok telapak tangan dan sela-sela jari sisi dalam lalu jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci.

Setelah itu menggosok ibu jari kiri dan berputar dalam genggaman tangan kanan dan juga sebaliknya kemudian merapatkan ujung jari telapak tangan kiri dengan cara memutar dan lakukan pada ujung jari tangan sebaliknya.

Baca juga: Begini cara cuci tangan yang baik menurut standar internasional
Baca juga: Cegah virus, penjual makanan segar harus sering cuci tangan

"Enam langkah cuci tangan yang baik dan benar tersebut perlu diperhatikan dengan seksama," katanya.

Bupati berharap budaya cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara rutin dapat terus menjadi gaya hidup sehari-hari masyarakat di wilayah setempat.

"Seluruh organisasi perangkat daerah yang terkait juga diminta terus menyosialisasikan mengenai pentingnya cuci tangan dengan cara yang tepat, kepada masyarakat," katanya.

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak panik secara berlebihan terkait dengan adanya kasus Covid-19.

"Masyarakat tidak perlu panik secara berlebihan cukup dengan menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh sendiri dan keluarga dengan konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, olah raga, serta terus membudayakan cuci tangan secara rutin," katanya.

Baca juga: Pancaroba, ayo rutin cuci tangan untuk cegah berbagai penyakit


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024