Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memberikan motivasi kepada seluruh pejabat, aparatur sipil negara (ASN), dan karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Magelang agar terus bersemangat dan meningkatkan kinerja.

"Masih harus tingkatkan kinerjanya dan motivasinya," katanya dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang di Magelang, Rabu.

Saat menjadi pembina apel pagi di halaman belakang kantor pemkot setempat, Rabu, Sigit mengatakan kinerja Pemkot Magelang beberapa tahun terakhir menunjukkan tren positif.

Bukti terbaru atas capaian kinerja itu, katanya, Pemkot Magelang menerima penghargaan dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dinilai baik (predikat B).

Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Sigit dari Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah III bertajuk SAKIP Award 2019 di Yogyakarta, Senin (24/2) malam.

"Kita baru saja terima penghargaan SAKIP dengan predikat B (baik). Masih ada beberapa paparan yang masih perlu diperbaiki, tapi trennya baik. Kita naik 65,10 menjadi 66,47. Masih harus terus ditingkatkan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien," katanya.

Baca juga: Wali Kota Magelang ingatkan ASN cegah korupsi sekecil apapun

Ia menyatakan bangga atas capaian itu meskipun masih harus ditingkatkan agar mendapat predikat lebih tinggi, seperti daerah lain di DIY dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang meraih predikat A.

Sigit juga menyinggung serapan APBD Kota Magelang yang mencapai 90,6 persen pada 2019. Hal itu dianggap sebagai capaian kinerja yang layak diapresiasi karena target serapan sebagaimana diamanatkan undang-undang telah tercapai dengan baik.

"Itu artinya, uang yang dibelanjakan mengalir ke masyarakat. Uang itu sejatinya akan kembali lagi untuk kegiatan ekonomi masyarakat di Magelang dan sekitarnya," katanya.

Ia mengapresiasi sejumlah proyek pembangunan fisik yang selesai tepat waktu pada akhir 2019, antara lain Gedung Wanita di Jalan Veteran dan Gedung Lantai 8 RSUD Tidar di Jalan Tidar.

Hal itu, kata dia, karena para penyedia jasa bekerja nonstop 24 jam.

Sigit juga minta jajarannya menyukseskan tahun kunjungan wisata Kota Magelang bertajuk "Moncer Serius 2020", di mana puluhan kegiatan digelar di daerah itu. Agenda terdekat, yakni konser musik dengan bintang tamu Armada Band di Alun-Alun Kota Magelang, 7 Maret 2020. (hms)

Baca juga: Sigit: ASN Kota Magelang jangan ketinggalan zaman
Baca juga: Seragam tak lengkap, puluhan ASN Pemkot Magelang kena tegur
Baca juga: ASN Kota Magelang kampanye gerakan cuci tangan

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024