Temanggung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung mewakili Provinsi Jawa Tengah maju ke tingkat nasional dalam penilaian penghargaan pembangunan daerah pada 2020.

Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Ripto Susilo di Temanggung, Senin, mengatakan berdasarkan surat dari Bappeda Provinsi Jateng tertanggal 19 Februari 2020 kepada Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung tentang pemberitahuan hasil penilaian penghargaan pembangunan daerah tahun 2020, Kabupaten Temanggung terbaik tingkat Jateng.

"Berdasarkan hasil keputusan tim penilai provinsi, maka ditentukan bahwa Kabupaten Temanggung dinyatakan sebagai kabupaten terbaik dan berhak mewakili Provinsi Jateng untuk selanjutnya dilakukan penilaian tahap III oleh tim penilai pusat," katanya.

Berdasarkan surat yang ditandatangani Kepala Bappeda Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung untuk mempersiapkan materi presentasi untuk penilaian tahap IV oleh tim penilai pusat.

Baca juga: Masuk 10 besar, Temanggung maju penilaian penghargaan pembangunan tingkat Jateng

Sekretaris Bappeda Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Temanggung maju 10 besar penilaian penghargaan pembangunan daerah pada 2020 tingkat Provinsi Jawa Tengah bersama Kabupaten Banyumas, Batang, Grobogan, Pati, Rembang, Tegal, Kota Magelang, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

Ia mengatakan presentasi penilaian penghargaan pembangunan daerah tersebut berlangsung di Ungaran Kabupaten Semarang.

Penilaian dilakukan oleh tujuh orang dari tim penilai independen dari perguruan tinggi dan tim penilai utama.

Penilaian dilaksanakan dalam bentuk diskusi dan wawancara. Cakupan penilaian terdiri atas 22 kriteria yang meliputi penilaian aspek pencapaian pembangunan, aspek kualitas dokumen rencana kerja pembangunan daerah, aspek proses perencanaan, dan aspek inovasi.

Dwi menyampaikan dengan nilai tertinggi di tingkat Jateng, Pemkab Temanggung akan maju penilaian penghargaan pembangunan daerah tingkat nasional untuk kedua kalinya.

"Pertama pada tahun 2019, meraih juara II tingkat nasional," katanya.

Baca juga: Temanggung benahi manajemen pengelolaan desa wisata
Baca juga: Pemkab Temanggung buat "clinic event" seni dan budaya
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024