Semarang (ANTARA) - BPJS Kesehatan di awal 2020 kembali menggencarkan layanan mobil keliling atau yang biasa yang dikenal dengan mobile costumer service (MCS) untuk kemudahan pengurusan kepesertaan program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat). 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Semarang Tony Irawan menjelaskan layanan jemput bola tersebut untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan dengan konsep jemput bola yaitu dengan mendatangi lokasi-lokasi yang jauh dari kantor cabang maupun strategis di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Semarang untuk memberikan layanan kepada para peserta JKN-KIS.

"Pelayanan yang kami laksanakan di luar kantor cabang sebenarnya hampir sama, di MCS kami dapat melayani seluruh administrasi kepesertaan JKN-KIS, mulai dari pendaftaran peserta baru, pencetakan kartu peserta, perubahan data, pindah fasilitas kesehatan, perubahan kelas rawat, penambahan anggota keluarga dan pengaduan," jelas Tony Irawan.

Masyarakat, tambah Irawan, tidak perlu ragu mengurus kepesertaan JKN-KIS melalui MCS, tanpa perlu repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan, karena petugas yang berada saat MCS dilengkapi dengan perlatan pendukung operasional yang tersambung secara online ke sistem BPJS Kesehatan.

"Selain MCS, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untu pelayanan yang lebih praktis, sehingga untuk perubahan administrasi kepesertaan cukup dilakukan melalui handphone," kata Irawan.

Baca juga: BPJS Kesehatan: 221 kabupaten/kota capai UHC

Agus, peserta yang datang saat dilaksanakan MCS, mengaku saat terbantu dengan adanya layanan MCS dirinya tidak perlu jauh-jauh dan antre di kantor cabang untuk mengurus JKN-KISnya.

"Kebetulan kartu saya hilang, untungnya ada MCS di dektar rumah saya, jadi saya tidak perlu ke kantor lebih cepat saya urus melalui MCS ini," kata Agus.

Berikut jadwal MCS BPJS Kesehatan di Kota Semarang, tanggal 5-6 Februari di Kantor Kecamatan Mijen, 10 Februari di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang, 11-12 Februari di Kantor Kecamatan Genuk.

Tanggal 13 Februari di Kantor Kecamatan Ngaliyan, 17 Februari di Kantr Disdukcapil Kota Semarang, 18 Februari di Kantor Kecamatan Ngaliyan, 20 Februari di Kantor Kecamatan Gajahmungkur dan 25 Februari di Kantor Kecamatan Tugu dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Aplikasi Mobile JKN kian memanjakan peserta BPJS Kesehatan
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024