Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, menyiapkan GOR Samapta, Kompleks Gelora Sanden, untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) dengan total peserta 20.676 pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang Aris Wicaksono di Magelang, Selasa, mengatakan para peserta SKD CPNS 2019 akan menjalani seleksi 1-18 Februari mendatang.

Mereka yang akan menjalani SKD CPNS di GOR Samapta itu, kata dia, berasal dari Kota Magelang 3.433 orang, Kabupaten Magelang 10.114 orang, Kabupaten Puworejo 6.225 orang, dan Kabupaten Temanggung 904 orang.

Baca juga: Penuhi syarat, 904 pendaftar CPNS Temanggung bakal ikuti tes

Pemkot Magelang telah selesai melakukan pembangunan kembali GOR Samapta, beberapa waktu lalu, sebagai bagian dari kompleks olahraga yang representatif di kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu. Kompleks tersebut juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan umum lainnya.

Pemkot Magelang menyediakan 250 komputer (PC) untuk memfasilitasi mereka melaksanakan seleksi tersebut.

"Pelaksanaan SKD setiap hari terbagi dalam lima sesi. Setiap sesi berlangsung 90 menit, kecuali hari Jumat hanya empat sesi," kata dia dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang.

Aris mengatakan peserta menjalani tiga jenis tes dalam SKD tahun ini, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawancara Kebangsaan.

Hal itu, kata dia, sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Setiap pelamar akan mengerjakan 100 soal yang terdiri atas 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK.

Berbagai persiapan untuk mendukung pelaksanaan secara lancar SKD CPNS 2019 di Kota Magelang hingga saat ini terus dilakukan, termasuk koordinasi dengan beberapa pihak terkait guna mendukung kelancaran, ketertiban, dan keamanan para peserta seleksi dalam menjalani tes nantinya. (hms)

Baca juga: Enam daerah Jateng gandeng Udinus gelar ujian CPNS
Baca juga: Sanggahan diterima, 156 pelamar CPNS Jateng batal dicoret

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024