Pekalongan (ANTARA) - Kepolisian Resor Pekalongan, Jawa Tengah, memasang kamera televisi sirkuit tertutup atau closed circuit television di sejumlah titik keramaian sebagai upaya mengantisipasi sekaligus melacak tindak kejahatan pada perayaan pergantian malam Tahun Baru 2020.

Kepala Polres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa sejumlah CCTV tersebut antara lain akan dipasang jalan perempatan Tugu Nol Sibedug Kecamatan Kajen, jalan raya Bebekan Kedungwuni, Internasional Batik Center (IBC) Wiradesa, pertigaan jalan raya Sipait, dan pangkalan truk di jalan raya Siwalan.

"Melalui pemasangan sejumlah kamera CCTV di beberapa titik ini diharapkan mampu memberikan pengawasan maksimal terhadap situasi kondisi keramaian sekaligus memantau lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru 2020," katanya.

Ia yang didampingi Kasubbag Humas Iptu Akrom mengatakan polres telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pekalongan terkait penempatan dan pemasangan CCTV yang paling efektif, khususnya saat arus libur Natal dan Tahun Baru.

Hal itu dilakukan oleh Polres Pekalongan maupun dengan Dishub untuk mempermudah dalam konsolidasi ketika ada permasalahan atau kejadian.

"Kerja sama ini tentunya ini sebagai bentuk sinergitas. Jadi pada pemasangan titik-titik mana saja yang perlu sehingga akan mempermudah kita," katanya.

Ia memprediksi arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 akan padat sehingga pemasangan alat CCTV ini nantinya bisa memantau kejadian apapun pada saat itu.

"Dengan pemasangan CCTV, diharapkan bisa memantau kegiatan masyarakat dan penanganan cepat jika terjadi kecelakaan, bencana, atau kriminalitas di area tersebut. Melalui kamera CCTV ini juga akan mempermudah dalam melacak pelaku kejahatan," katanya.
Baca juga: 26 CCTV pantau arus lalu lintas di Kudus selama Natal
Baca juga: Janji Wali Kota Semarang, 10 ribu CCTV terealisasi akhir tahun

Pewarta : Kutnadi
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024