Banjarnegara (ANTARA) - Sebanyak 12 Pengurus Kabupaten/Kota Federasi Arung Jeram Indonesia se-Jawa Tengah mengikuti Kejuaraan Provinsi Olahraga Arung Jeram R4 (Empat Pendayung) dan R2 (Dua Pendayung) di Sungai Serayu, Desa Singomerto, Kabupaten Banjarnegara, 2-4 Oktober 2019.

Kejuaraan dalam rangka pembinaan dan penjaringan atlet berprestasi untuk persiapan Kejuaraan Nasional Olahraga Arung Jeram 2019 di Jambi pada 1-4 November 2019 itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto di Lapangan Pikas, Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Banjarnegara Indarto memberikan apresiasi atas terselenggaranya Kejurprov Olahraga Arung Jeram R4 dan R2 2019 di Banjarnegara.

Baca juga: Wisata arung jeram Batang diminati wisatawan mancanegara

Indarto juga Oleh menyampaikan selamat datang kepada seluruh Pengkab/Pengkot FAJI se-Jateng yang akan berlomba di kejuaraan tersebut.

"Tidak dapat dihindari dalam sebuah pertandingan pasti melahirkan persaingan, hasrat untuk memenangkan perlombaan, namun harus disadari semua dilakukan secara adil)dan jujur.

Lawan itu hanya dalam arena, sedangkan di luar lomba, mereka adalah kawan. "Toh sejatinya lawan itu adalah mitra dalam meraih prestasi. Jadi, perlombaan olahraga yang baik harusnya melahirkan kawan, bukan lawan," katanya.

Dia berharap penyelenggaraan kejuaraan tersebut dapat berlangsung lancar dan aman serta adil dengan mengutamakan objektivitas dan kejujuran selama berlomba.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kejuprov Olahraga Arung Jeram R4 dan R2 2019, Anton Risdianto mengatakan kejuaraan tersebut diikuti 130 atlet dari berbagai Pengkab/ Pengkot FAJI di Jateng.

Pengkab/Pengkot tersebut adalah  Pengkab FAJI Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung,  Magelang,  Pekalongan,  Batang, Purworejo, Pemalang, Surakarta, dan Pengkot FAJI Semarang.

"Atlet yang lolos seleksi dan berhak mengikuti Kejurnas di Jambi adalah juara pertama di masing-masing nomor yang dilombakan," katanya.

Menurut dia, Kejurprov Arung Jeram tersebut terdiri atas empat divisi untuk kategori putra maupun putri, yakni Open R4, Open R2, Junior R4, dan Youth R4.

Sementara di setiap kategori, kata dia, terdapat empat nomor yang dilombakan, yakni Sprint, Head to Head, Slalom, dan Down River Race. 

Baca juga: Dua orang tewas saat arung jeram di Sungai Serayu
Baca juga: Arung Jeram Wonosobo Belum Miliki Perelengkapan Memadai

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024