Semarang (ANTARA) - Bank BRI terus berinovasi mengembangkan kemudahan layanan bagi masyarakat dan nasabahnya salah satunya dengan meluncurkan BRI Virtual Account (BRIVA) yang diterapkan sebagai fasilitas layanan pembayaran PBB online.

Pemimpin Cabang BRI Salatiga Tasurun mengatakan dengan BRIVA, masyarakat di Kota Salatiga makin mudah dalam melakukan pembayaran pajak daerah, khususnya PBB.

Masyarakat bisa mendapatkan kode pembayaran dari website http://pajak.salatiga.go.id/pbb/briva.html, untuk kemudian membayar PBB melalui semua e channel BRI, yang meliputi ATM, EDC, mobile banking, internet banking, dan bisa melalui agen Brilink.

"Kerja sama pembayaran PBB online dengan BRIVA di Kota Salatiga ini merupakan yang pertama di wilayah Kanwil BRI Semarang," katanya, disela Launching BRIVA sebagai fasilitas pembayaran PBB online Kota Salatiga, Selasa (6/8).

BRIVA merupakan fasilitas layanan perbankan yang diberikan pada rekening giro dengan kode khusus dan untuk mengakses fasilitas tersebut, bisa menggunakan nomor rekening virtual sebagai rekening yang mewakili rekening giro.

"BRIVA memberikan kemudahan dalam pemanfaatan sistem layanan jasa perbankan yang cepat, nyaman, modern, dan terpercaya," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Salatiga Yulianto mengatakan melalui BRIVA, masyarakat didorong untuk lebih melek teknologi dan memanfaatkannya secara optimal untuk kemudahan pembayaran PBB.

"Saya secara pribadi mengapresiasi diluncurkannya BRIVA. Ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong masyarakat untuk melaksanakan transaksi nontunai. Selain mudah dilakukan, transaksi nontunai juga lebih efisien, transparan, dan akurat jika dibandingkan dengan transaksi tradisional," kata Yulianto.

Semakin banyaknya pintu dibuka untuk pembayaran kewajiban pajak masyarakat, tambahnya, maka diharapkan kesadaran masyarakat semakin meningkat dan berimbas pada kenaikan pendapatan daerah, yang akhirnya akan dikembalikan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Harapannya, tahun depan seluruh pelayanan pembayaran pajak daerah juga dapat dilaksanakan melalui BRIVA," harapnya.

Usai meresmikan peluncuran pembayaran PBB dengan BRIVA, Wali Kota Salatiga Yulianto dan Sekda Kota Salatiga Fahrurozi mencoba membayar pajak melalui teller, mesin ATM, serta agen BRIlink, setelah sebelumnya mengakses website pajak.salatiga.go.id. 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024