Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk menyukseskan pemilihan kepala desa tahun 2019 yang akan berlangsung pada 31 Juli mendatang.

"Kami mengajak masyarakat ikut berperan aktif menyukseskan pilkades dengan menjaga kondusifitas di lingkungan masing-masing," katanya di Banjarnegara, Rabu.

Dia mengatakan, pemilihan kepala desa merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.
"Dalam agenda pemilihan kepala desa ini masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa," katanya.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat memiliki peran penting dalam menentukan figur pemimpin di desanya masing-masing.
"Dengan figur pemimpin yang tepat diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan di desa dan makin menyejahterakan masyarakat," katanya.

Baca juga: Polres Banjarnegara siap amankan pilkades 2019

Untuk itu, kata dia, sangat penting untuk menciptakan pemilihan kepala desa yang damai, aman, tentram dan bermartabat.
Sebelumnya, Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, menyatakan siap mengamankan pemilihan kepala desa di wilayah Banjarnegara.

Kabag Ops Polres Banjarnegara Kompol Fauzan Widiarto mengatakan pihaknya akan menerjunkan 470 personel guna memastikan pilkades berjalan lancar.

"Kami juga mendapatkan bantuan sebanyak 350 personel BKO dari Polda Jawa Tengah," katanya.
Dia menambahkan pihaknya siap mengantisipasi timbulnya berbagai gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Pihaknya, kata dia, Pihaknya akan menerapkan manajemen keamanan yang terpadu, mengerahkan sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama secara sinergis dengan berbagai pihak terkait.

Baca juga: Pemkab Pekalongan ingatkan calon kades tidak praktik politik uang
Baca juga: Polres petakan wilayah rawan konflik pilkades


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024