Pekalongan (ANTARA) - Kepolisian Resor Pekalongan, Jawa Tengah, akan melakukan pengamanan khusus pada toko emas dan perbankan saat warga sedang menjalankan shalat jumat.

Kepala Polres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan di Pekalongan, Sabtu, mengatakan bahwa polisi akan melakukan patroli dalam rangka upaya preventif guna mencegah tindak kriminalitas.

"Kami akan secara rutin melaksanakan patroli di sepanjang pertokoan emas dan tempat transaksi keuangan," katanya.

Baca juga: Perampok sikat uang dan perhiasan senilai Rp1,25 miliar

Ia yang didampingi Kepala Kepolisian Sektor Wiradesa AKP Yorisa Prabowo mengatakan wilayah Wiradesa berada di jalur pantai utara (pantura) sehingga potensi kriminalitas pencurian dengan kekerasan relatif cukup tinggi.

"Oleh karena itu, kami akan meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan patroli untuk antisipasi kriminalitas curas maupun tindak kejahatan lainnya," katanya.

Ia mengatakan kegiatan patroli tersebut sekaligus memberikan imbauan kepada pemilik toko dan masyarakat agar selalu waspada terhadap orang yang tidak dikenal.

"Kami imbau pada pemilik toko emas atau pegawai perbankan waspada terhadap pengunjung atau pembeli maupun siapa pun yang berada di sekitarnya yang tidak dikenal," katanya.

Baca juga: Polda Jateng Ringkus Komplotan Perampok Spesialis Toko Emas

Ia berharap pada pemilik toko emas atau perbankan memiliki dan menempelkan nomor telepon kepolisian setempat yang mudah dilihat orang lain sehingga apabila ada hal–hal yang mencurigakan maka siapa saja dapat segera menghubungi polisi.

"Kami minta warga secepatnya melaporkan pada polisi apabila melihat ada sesuatu atau orang yang bertindak mencurigakan," katanya.


 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024