Semarang (ANTARA) - Satpol PP Provinsi Jawa Tengah ikut memanfaatkan momentum bulan Ramadhan dengan membagikan paket nasi menjelang waktu berbuka puasa kepada masyarakat yang dilakukan di lima titik di Kota Semarang, Senin sore.

Lima titik di Kota Semarang tersebut yakni di Jalan Pahlawan (depan Gedung Telkom), Jalan A.Yani (dekat RRI), Jalan Imam Bonjol (depan Kantor Satpol PP Provinsi Jateng), Jalan Pemuda, dan daerah Tambaklorok, Tanjung Emas.

"Selama ini, kami (Satpol PP) kan dikenal dengan mengoyak-oyak orang. Nah, pada Bulan Ramadhan ini, kami juga ingin berbagi dan ingin membuat orang lain senang," kata Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Budiyanto EP di sela membagikan paket nasi kepada pengendara sepeda motor di Jalan Pahlawan Semarang.

Budiyanto mengaku paket nasi dan minum sebanyak 1.000 bungkus tersebut merupakan hasil iuran dari karyawan Satpol PP Provinsi Jateng.

"Jadi teman-teman (karyawan,red.) iuran. Dikumpulkan oleh bagian sekretariat dan kepala bidang masing-masing. Teman-teman sudah biasa iuran untuk berbagi sesama," katanya.

Terkait dengan kesiapan jelang arus mudik, Budiyanto mengaku telah menyiapkan pasukan untuk ikut aktif melakukan pengamanan dengan melakukan monitoring di seluruh kabupaten dan kota se-Jateng.

"Kami juga akan ikut menertibkan pasar tumpah, memantau jalan-jalan alternatif, serta memonitor di setiap exit tol 5-10 kilometer di kabupaten/kota agar pemudik tidak terhambat macet, baik saat mudik maupun arus balik," katanya.

Tugas Satpol PP,  tambah Budiyanto, yakni penegakan Perda dan peraturan kepala daerah; penertiban umum dan ketentraman masyarakat; serta melakukan perlindungan masyarakat.

"Malam ini (Senin,27/5) kami juga mengirimkan tim untuk melakukan operasi pekat di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat. Kegiatan tersebut bagian tugas kami," demikian Budiyanto.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024