Magelang (ANTARA) - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Magelang, Jawa Tengah,  bekerja sama dengan Bank Magelang melaksanakan Program Tabungan Khusus Perencanaan Griya (Bung Sunarya) dengan sasaran penghuni rumah susun sederhana sewa dan rumah khusus di daerah itu.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Kepala Disperkim Kota Magelang Handini Rahayu dan Direktur Utama Perusahaan Daerah BPR Bank Magelang Hery Nurjiyanto di Aula Rusunawa Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jumat, yang antara lain disaksikan Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina.

Handiri Rahayu mengatakan program tersebut implementasi tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan perumahan bagi masyarakat.

"Kami memiliki kewajiban untuk memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan rumah tinggal sendiri, setelah sekian lama diberi kesempatan tinggal di rusunawa," ujar dia

Tinggal di rusunawa, ujar dia dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang, memiliki batas waktu tertentu karena sistemnya sewa sehingga penghuninya bisa memanfaatkan program Bung Sunarya untuk mewujudkan cita-cita memiliki sendiri rumah tinggal.

Pihaknya akan melakukan pendampingan kepada penghuni rusunawa agar memiliki keinginan untuk merencanakan kepemilikan rumah sendiri.

Ia menjelaskan Program Bung Sunarya merupakan tahapan awal karena masih ada tahapan lanjutan yang bakal menjadi perencanaan bersama.

"Ke depan kami tidak hanya bermitra dengan Bank Magelang, termasuk juga dengan sejumlah pengembang. Jadi nanti akan ada beberapa alternatif pilihan yang bisa diambil penghuni rusunawa ketika sudah memiliki perencanaan untuk punya rumah sendiri," katanya.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menyebut kerja sama itu salah satu inovasi Disperkim yang bisa dimasukkan dalam program pemkot setempat.

"Disperkim sudah menyiapkan program lanjutan, setelah penyediaan rusunawa yang sudah ditinggali warga," kata dia.

Dia mengharapkan dalam jangka waktu 3-6 tahun ke depan, penghuni rusunawa membangun perencanaan untuk memiliki rumah sendiri, antara lain dengan membeli atau membangun sendiri, maupun mengikuti program pemerintah melalui rumah susun sederhana milik sendiri (rusunami).

Ia mengatakan Program Bung Sunarya tidak hanya untuk menabung guna keperluan perumahan akan tetapi juga kebutuhan lainnya.

Dirut Bank Magelang Hery Nurjiyanto mengatakan beberapa fasilitas dalam program itu, antara lain asuransi bagi nasabah, bebas biaya administrasi, dan tetap diikutkan dalam undian dengan hadiah, seperti mobil serta sepeda motor.

"Bung Sunarya ini bisa dimanfaatkan para penghuni rusunawa maupun rusus dengan sebaik-baiknya," katanya. (hms)

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024