Purwokerto - Jumlah profesor di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditargetkan bertambah satu orang setiap tahun, kata Wakil Rektor UMP Bidang Akademik Dr. Anjar Nugroho.

"Lembaga perguruan tinggi yang berkembang baik,tak akan bisa dilepaskan dari tradisi keilmuan, termasuk juga bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, yang akan menginjak usia ke-54 tahun pada bulan April yang akan datang," katanya di Purwokerto, Sabtu.

Terkait dengan upaya mewujudkan tradisi keilmuan tersebut, dia mengatakan sejumlah target telah ditetapkan pimpinan UMP, antara lain dalam hal peningkatan kualitas pendidikan para staf pengajarnya.

"Saat ini, UMP sudah dalam posisi yang baik. Dosen dengan kualifikasi pendidikan doktor sudah ada 52 orang, sedangkan yang dengan melaksanakan studi lanjut S3 ada 85 dosen,'" jelasnya.

Dengan program peningkatan kualifikasi pendidikan yang terus berlangsung, Anjar berharap dalam waktu lima tahun ke depan, sudah lebih dari 50 persen dosen UMP bergelar doktor.

Dalam hal tradisi keilmuan, kata dia, pimpinan UMP tengah mengupayakan agar setiap dosen UMP mampu membuat karya ilmiah minimal satu karya ilmiah per tahun.

"Karya ilmiah itu harus terpublikasikan di jurnal internasional, sebagai salah satu langkah menuju akreditasi internasional," katanya.

Bahkan, dia mengharapkan UMP ke depannya mampu menghasilkan satu profesor setiap tahunnya.
 
Ia mengatakan dalam rangka mewujudkan hal tersebut, UMP terus mengupayakan percepatan kualifikasi untuk menjadi profesor.

"Dosen-dosen yang sudah berpangkat lektor kepala, kita dorong untuk menuju profesor," katanya.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan bidang pekerjaan yang dibutuhkan, Anjar mengatakan UMP juga akan terus mengembangkan diri dengan menambah berbagai program studi.

''Saat ini, sedang kita persiapkan beberapa program studi baru, dan sudah diproses di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kemungkinan tahun ini izin keluar, sehingga mulai tahun ajaran 2019 mulai bisa dilakukan penerimaan mahasiswa baru," jelasnya.

Ia mengatakan UMP saat ini sudah mempunyai 38 program studi jenjang pendidikan sarjana dan magister, sedangkan untuk program magister (S2) telah ada beberapa program studi, antara lain Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Farmasi, dan Magister Manajemen.

''Dalam waktu dekat, UMP juga akan memiliki program doktoral untuk Ilmu Pendidikan,'' jelasnya


Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024