Cilacap (Antaranews Jateng) - Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Djoko Julianto mengajak personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk ikut menciptakan situasi aman dan nyaman menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Umum Serentak 2019.

"Apel Linmas ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam melaksanakan pengamanan Pilkades dan Pemilu Serentak 2019. Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Linmas dan unsur terkait yang mendukung terlaksananya apel ini," katanya di Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa.

Kapolres mengatakan hal itu saat memimpin Apel Linmas Se-Distrik Kroya dalam rangka pengamanan Pilkades dan Pemilu Serentak 2019 di Alun-Alun Kroya yang diikuti sekitar 3.500 anggota Linmas, personel TNI/Polri, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Cilacap, panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan se-Distrik Kroya, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Menurut dia, Apel Linmas tersebut sengaja digelar di setiap distrik karena jumlah penduduk dan wilayah Kabupaten Cilacap cukup luas.

"Kita persiapkan sedini mungkin tentang kesiapan dari Polri dan pemerintah daerah bersama dengan pelaksana pemilu khusunya dengan anggota Linmas, baik sarana maupun prasarana," katanya.

Ia mengatakan hal itu disebabkan kebutuhan personel Linmas terutama saat pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 meningkat dua kali lipat dari pemilu sebelumnya yang sebanding dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada.

Sebagai petugas keamanan di TPS, kata dia, anggota Linmas harus bisa membina soliditas dan integritas dengan anggota Polri dan TNI sehingga diharapkan bisa memahami ketentuan perundang-undangannya yang berlaku.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan dalam pengamanan Pilkades dan Pemilu Serentak 2019, Polres Cilacap dibantu TNI menyiapkan 200 personel dan didukung sekitar 12.000 personel Linmas.

"Jangan terpancing oleh isu dan hasutan orang tidak bertanggung jawab dan hindari kesalahpahaman yang dapat memicu permasalahan. Tujuannya untuk mempermudah dan menciptakan Pilkades dan Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Cilacap yang aman dan damai," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman mengatakan pelaksanaan Pilkades dan Pemilu Serentak 2019 merupakan hajat semua unsur masyarakat, bukan hanya Polri, TNI, dan pemerintah daerah.

Bahkan, kata dia, Pilkades dan Pemilu Serentak 2019 juga hajat masyarakat hingga tingkat desa dengan adanya Linmas yang terlibat dalam pelaksanaan apel tersebut.

"Kegiatan apel ini merupakan wujud kesiapansiagaan dengan penyerahan personel Linmas kepada Polri untuk ikut pengamanan dengan koordinasi dan kerja sama dengan Polres Cilacap. Bentuk penyelenggaraan suksesnya Pilkades dan Pemilu Serentak 2019 ini tanggung jawab bersama serta kita berkeyakinan di Kabupaten Cilacap dapat berjalan dengan aman, sejuk, dan damai," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan berita acara penyerahan personel Linmas dari Pemerintah Kabupaten Cilacap kepada Polres Cilacap. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman dan Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto.

Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Cilacap dilaksanakan pada tanggal 20 Februari, sedangkan Pemilu Serentak 2019 dilaksanakan pada tanggal 17 April. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024