Magelang (Antaranews Jateng) - Kalangan pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diingatkan untuk bersikap kritis dan selektif terhadap segala informasi yang beredar di media sosial supaya terhindar dari paparan berita hoaks, kata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari.

     "Para pemuda perlu memiliki sikap yang kritis dan selektif terhadap setiap informasi yang diterima," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Senin.

     Ia mengatakan hal itu saat ceramah bertema "Bermuhammadiyah untuk Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia" dalam rangkaian pelantikan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang periode 2018-2022.

     Ia mengemukakan pentingnya para pemuda mengedepankan akal sehat dalam menyikapi banjir informasi yang bertebaran di berbagai media sosial.

     "Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, semangat perjuangan yang dimiliki juga perlu diimbangi dengan akal sehat. Sikapi informasi dengan akal sehat," katanya.

     Ia mengatakan upaya pemuda menghindar dari pengaruh berita hoaks sebagai bagian dari usaha menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, serta menjaga kehidupan bersama dan bermasyarakat setiap hari.

     Dalam perjalanan sejarah bangsa, kata dia, Muhammadiyah selalu berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI.

     "Dalam khitah perjuangan Muhammadiyah sudah ditegaskan bahwa berkiprah dalam kehidupan bangsa dan negara merupakan salah satu perwujudan amar makruf nahi mungkar, sebagaimana perjalanan sejarah sejak pergerakan, sebelum, masa awal, dan setelah kemerdekaan, sampai saat ini dan masa mendatang," kata dia.

            Pengurus
     Pengurus Pemuda Muhammadiyah Grabag yang dilantik oleh Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang Sapari belum lama ini, berjumlah 23 orang dengan ketua Ahmad Rifa'i, para wakil ketua M. Nursaefullah, Al Qomar, Supriyadi, Setiono, N.S. Margono, Bambang Tri, sekretaris Udin Syamsudin, dan bendahara Maksud Andi Wibowo.

     Jajaran kepengurusan dilengkapi dengan sejumlah pengurus bidang, seperti bidang organisasi, bidang dakwah, bidang seni budaya, dan olahraga, serta bidang kesehatan dan lingkungan hidup.

     Wakil Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang Anang Arfianto mengatakan pemuda Muhammadiyah senantiasa memberikan kontribusi dan manfaat bagi kehidupan umat dan bangsa.

     Mereka, ujarnya dalam acara yang antara lain dihadiri jajaran pejabat pemerintah kecamatan setempat, Pengurus Cabang Muhammadiyah Grabag, pimpinan cabang dan ranting pemuda Muhammadiyah se-Kabupaten Magelang itu, perlu memetakan berbagai persoalan di wilayah masing-masing dan membantu penyelesaiannya demi kemaslahatan hidup bersama.

     Ia juga mengatakan bahwa setiap kader persyarikatan dituntut menjalankan fungsi sebagai kader umat dan bangsa.

     "Keberadaan struktur kepengurusan bagi sebuah organisasi merupakan modal yang penting bagi upaya menjalankan program-program kerja di masyarakat secara terencana untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan," ujar dia.

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024