Purbalingga (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengingatkan seluruh elemen masyarakat khususnya pengelola objek wisata mengenai pentingnya menciptakan iklim sapta pesona.

"Masyarakat khususnya pengelola objek wisata diharapkan mengembangkan dan menerapkan sadar wisata melalui sapta pesona wisata," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Selasa.

Dia menyebutkan, unsur sapta pesona wisata lain, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Apabila unsur-unsur tersebut terpenuhi maka akan tercipta sektor pariwisata yang aman, nyaman, dan memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

Dan pada akhirnya, tambah dia, akan meningkatkan angka kunjungan pariwisata ke wilayah Purbalingga.

"Konsep sapta pesona ini sangat relevan diterapkan di Purbalingga, karena masyarakat setempat memiliki kearifan lokal yang mendukung mulai dari tradisi, budaya, dan lain sebagainya.

Selain itu, produk-produk wisata di Purbalingga, tambah dia juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga berperan penting dalam mendukung sektor pariwisata.

Selain itu, Purbalingga juga memiliki potensi wisata yang sangat menarik terutama wisata alam. Karena itu, obyek daya tarik wisata dan desa wisata di Purbalingga perlu mengutamakan sapta pesona guna menarik wisatawan.

Dia menjelaskan, masyarakat harus memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, menargetkan kunjungan 400.000 wisatawan ke sejumlah objek wisata di wilayah setempat pada saat libur Lebaran 2018.

Dia menambahkan, untuk mencapai target 400.000 wisatawan tersebut, pemerintah kabupaten dan pihak pengelola objek wisata telah melakukan berbagai upaya dan persiapan.

"Misalkan dengan melakukan pembenahan guna mempercantik objek wisata yang ada di Purbalingga," katanya.

Selain itu, kata dia, penambahan wahana-wahana baru juga terus dilakukan guna menarik minat wisatawan untuk datang ke objek-objek wisata di Purbalingga.

Kami optimistis dengan berbagai persiapan dan upaya yang dilakukan target kunjungan wisatawan saat libur Lebaran akan dapat tercapai," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024