Magelang (Antaranews jateng) - Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan di tengah perbedaan yang ada pada tahun politik ini.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono di Magelang, Jumat, mengatakan salah satu elemen dasar kemanusiaan adalah kebaikan.

"Kebaikan hendaknya tidak dilupakan tetapi justru semakin kokoh di tengah masyarakat dengan kondisi perbedaan yang beragam, baik perbedaan politik, agama, budaya, dan sosial," katanya dalam sambutan tertulis pada "3rd Borobudur International Conference" yang disampaikan Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC, Ricky SP Siahaan.

Ia menuturkan melalui penyelenggaraan Konferensi Internasional di Borobudur ini, peserta konferensi dan masyarakat dunia diingatkan kembali akan pentingnya nilai-nilai kemanusiaan untuk membangun peradaban demi terciptanya keharmonisan dan kebersamaan.

Edy mengatakan Candi Borobudur merupakan warisan budaya dunia yang menjadi sumber inspirasi bagi bangsa Indonesia dan dunia.

Menurut dia, PT TWC sebagai pengelola Candi Borobudur juga banyak mengambil inspirasi dari Candi Borobudur dalam penyelenggaraan beberapa kegiatan berskala nasional maupun internasional, salah satunya melalui penyelenggaraan "3rd Borobudur International Conference" yang mengambil inspirasi dari nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban Candi Borobudur.

Ia mengatakan kegiatan dengan mengangkat tema "Borobudur as an Inspiration of Humanity and Civilization" merupakan kerja sama antara PT TWC, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian BUMN melalui sinergi BUMN hadir untuk negeri.

Edy mengungkapkan penyelenggaraan konferensi internasional Borobudur ini sebuah forum penting, di mana para tokoh budaya dan agama dari berbagai komunitas hadir untuk menyampaikan pandangannya, berdialog tentang bagaimana Borobudur telah menjadi inspirasi bagi mereka demi terjaganya nilai-nilai kemanusiaan yang beradab demi tercapainya kedamaian dan keharmonisan hidup.

"Besar harapan kami, penyelenggaraan kegiatan ini dapat kembali mengangkat citra Candi Borobudur di mata dunia sebagai sumber inspirasi nilai kemanusiaan dan peradaban untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan bagi umat manusia di seluruh dunia.

Penyelengaraan acara ini sekaligus menjadi pengingat bagi kita semua tentang pelajaran-pelajaran berharga yang dapat diangkat dari Candi Borobudur untuk menciptakan peradaban yang luhur", katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024