Kebumen (Antaranews Jateng) - BPJS Kesehatan terus meningkatkan kepuasan peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) khususnya pada aspek kualitas pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Caranya, antara lain, dengan memfasilitasi para penanggung jawab (PIC) puskesmas se-Kabupaten Kebumen untuk mengunduh (download) aplikasi mobile JKN.

Upaya tersebut bagian upaya untuk memberikan kemudahan kepada para peserta dalam mendapatkan informasi seputar JKN melalui kanal layanan BPJS Kesehatan di era digital dengan mobile JKN.

Kegiatan tersebut berlangsung dalam acara pertemuan PIC puskesmas se-Kabupaten Kebumen yang diadakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kebumen di aula Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Rabu (21/3).

Dipandu oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Kebumen Sukirman, seluruh PIC puskesmas yang hadir berhasil mengunduh aplikasi mobile JKN melalui Play Store dan App Store, mempelajari berbagai fitur di dalamnya, mencoba screenning kesehatan, termasuk mengetahui adanya survei Kessan (kesan dan pesan peserta setelah pelayanan) di FKTP sehingga puskesmas mengetahui poin penting penilaian kepuasan peserta terhadap pelayanan di fasilitas kesehatan.

Sukirman menambahkan ada prioritas utama dalam perbaikan pelayanan peserta pada kontak layanan puskesmas yang perlu ditingkatkan yakni kecepatan proses penanganan pasien sebelum diperiksa, kecepatan pelayanan obat, kesediaan perawat menyelesaikan permasalahan pasien, ketepatan dokter menangani keluhan medis dan kepedulian perawat terhadap pengaduan pasien di puskesmas. 

"Feedback tersebut juga didapati dari hasil survei Kessan pada fitur aplikasi mobile JKN," jelas Sukirman.

Dalam kesempatan tersebut, para PIC puskesmas se-Kabupaten Kebumen juga mendapatkan materi mengenai Kessan yang disampaikan Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Hubertus Genias Unggulian. 

"BPJS Kesehatan mengundang PIC Puskesmas kali ini untuk meningkatkan kepuasan peserta khususnya pada aspek pelayanan kesehatan tingkat pertama dengan metode Walk Through Audit (WTA) yang selanjutnya dinamakan Kessan," kata Hubertus. 

Dengan diselenggarakan sosialisasi mobile JKN termasuk Kessan di dalamnya, tambah Hubertus, para penanggung jawab puskesmas paham bahwa Kessan adalah upaya untuk membantu FKTP meningkatkan kualitas layanan bagi peserta JKN. (ksm)
 

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024