Semarang (Antaranews Jateng) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas Semarang ikut ambil peran memaksimalkan potensi industri kecil menengah (IKM).

Salah satu upaya yang dilakukan yakni bersinergi dengan dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) untuk memberikan asistensi dan workshop mengenai perdagangan internasional.

Sebagai industrial assistant, Bea Cukai memberikan pemahaman kepada para IKM bagaimana mendapatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) serta cara pengurusan impor dan ekspor.

Kerja sama antara Bea Cukai dan Disperindag tersebut diharapkan dapat meningkatkan eksportasi produk Industri Kecil Menengah.

Apalagi perdagangan internasional bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan saat ini, terlebih industri kecil menengah di daerah Jawa Tengah yang tak sedikit memasarkan produknya untuk dijual ke luar negeri. 

Selain itu, tak sedikit dari industri kecil menengah tersebut juga menggunakan bahan baku dari luar negeri dan potensi industri kecil menengah yang berada di wilayah kerja Bea Cukai Tanjung Emas terus mengalami peningkatan.

 
 

Pewarta : Humas Bea Cukai
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024