Magelang (Antaranews Jateng) - Ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja dan petugas pemadam kebakaran Pemerintah Kota Magelang bakti sosial membesihkan Kali Bening dari sampah dan endapan lainnya.

Kepala Bidang Ketertiban Umum Satpol PP Pemkot Magelang Ot Rostrianto di sela kegiatan itu di Magelang, Jumat, mengatakan bakti sosial dengan sasaran aliran Kali Bening yang melintasi kota setempat itu dalam rangkaian peringatan HUT Ke-68 Satpol PP, HUT Ke-99 Satuan Pemadam Kebakaran, dan HUT Ke-56 Satlinmas tingkat Kota Magelang.

Mereka menyebut kegiatan itu sebagai "Resik-Resik Kali Bening" dengan sasaran alur sungai tersebut yang melewati Kelurahan Cacaban, Kota Magelang.

"Sebagai wujud kepedulian kami terhadap kebersihan, khususnya di alur Kali Bening yang melewati kota kita ini, agar aliran airnya kembali normal dan dapat mengairi lahan sawah di sekitar sungai ini dengan lancar," ujarnya.

Selain itu, ujarnya, kegiatan tersebut juga untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah di sungai.

Peraturan Daerah Pemkot Magelang Nomor 6 Tahun 2015 terkait dengan kebersihan, di mana masyarakat dilarang membuang sampah tidak pada tempatnya, termasuk di sungai.

Koordinator Wilayah Progo Magelang Balai Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Progo Bogowonto dan Luk Ulo Sumarno menyampaikan apresiasi atas bakti sosial tersebut karena turut menjaga kebersihan Kali Bening.

Saluran Kali Bening bermuara di Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, airnya mengalir melewati wilayah Kota Magelang hingga Desa Bulurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Debit air sungai tersebut 800 liter per detik untuk mengairi sekitar 430 hektare areal persawahan di dua daerah itu.

Ia mengakui terjadinya pendangkalan sungai tersebut, antara lain karena menjadi tempat buangan air hujan dari Kota Magelang di bagian barat, sedangkan di bagian timur, air dialirkan ke Kali Manggis.

"Dengan kegiatan itu, aliran air sungai menjadi normal untuk mengairi persawahan," katanya.

Peringatan HUT Ke-68 Satpol PP, HUT Ke-99 Satuan Pemadam Kebakaran, dan HUT Ke-56 Satlinmas tingkat Kota Magelang juga akan ditandai dengan bazar dan amal pada 13 Maret 2018 di halaman Kantor Satpol PP dan Linmas di Jalan Suprapto Nomor 2 Kelurahan Magersari, Kota Magelang.

Kegiatan itu berupa penyediaan berbagai bahan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat dengan harga terjangkau warga. (hms)

Pewarta : Maximianus Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024