Purwokerto (Antaranews Jateng) - Panitia Bulan Dana Palang Merah Indonesia Tahun 2017 Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp1,23 miliar, kata Ketua Harian Panitia Bulan Dana PMI Tahun 2017 Banyumas Wahyu Budi Saptono.

"Penggalangan dana pada Bulan Dana PMI Tahun 2017 ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2016. Dana yang terkumpul pada tahun 2016 sebesar Rp781.179.508, sedangkan tahun 2017 mencapai Rp1.238.179.905 atau naik 46 persen," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Ia mengatakan peningkatan perolehan dana tersebut karena pihaknya menerapkan berbagai upaya, baik secara administrasi, imbauan moral, maupun menyosialisasikan program.

Menurut dia, upaya yang dilakukan secara administrasi berupa pembentukan 256 unit pengumpul dana yang tersebar di instansi pemerintah, perbankan, perhotelan, organisasi kemasyarakatan, dan beberapa perusahaan.

Bahkan, kata dia, Bupati Banyumas juga telah mengeluarkan peraturan tentang bulan dana PMI agar para pengumpul dana tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugasnya.

"Pekerjaan ini merupakan tindakan yang sangat mulia, karena muaranya adalah menolong sesama. Kalau pekerjaan ini dilakukan dengan baik, maka apa yang didapatkan akan berlimpah di dunia ini," kata dia yang juga Sekretaris Daerah Banyumas.

Lebih lanjut, dia mengatakan Bulan Dana PMI merupakan upaya peningkatan kesetiakawanan sosial masyarakat serta menggalang dana dalam rangka meringankan penderitaan sesama manusia.

Menurut dia, setiap manusia pada prinsipnya ingin meringankan beban sesama melalui setetes darah dan setiap rupiah yang dimilikinya sehingga dengan gotong royong, sumbangan yang sedikit demi sedikit itu akan terkumpul menjadi banyak.

Terkait dengan hal itu, Wahyu mengajak masyarakat untuk berlomba sedekah melalui PMI agar memperoleh banyak kebaikan.

"Ingat untuk masuk ke toilet saja Rp2.000, mengapa untuk PMI kita harus pelit," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Banyumas Dibyo Yuwono mengatakan hasil yang diperoleh dari Bulan Dana PMI akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti pelayanan bencana alam, pendidikan, pelatihan, dan sebagainya.

"Seluruh pendapatan dari Bulan Dana PMI akan dikembalikan kepada masyarakat. Makin banyak dana yang terkumpul, makin banyak masyarakat pula yang akan menerima," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024