Pekalongan (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, segera menggelar Festival Durian Lolong 2018 setelah pada 2016 dan 2017 kegiatan tersebut sempat batal dilaksanakan karena adanya sejumlah kendala.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Bambang Irianto di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa kegiatan festival tersebut rencananya dilaksanakan pada 25 Februari 2018 di lapangan Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar.

"Pada Festival Durian Lolong 2019 tersebut juga akan diadakan beberapa kegiatan seperti lomba durian unggul, kirab durian, kirab seni dan kesenin, serta hiburan orkes dangdut," katanya.

Hanya saja, kata dia, pada kegiatan Festival Durian 2018 akan berbeda dengan tahun sebelumnya karena panitia tidal menyediakan paket makan durian sepuasnya bagi pengunjung melainkan bisa dibeli untuk dimakan di lokasi atau dibawa pulang.

Menurut dia, sebenarnya pemkab sudah merencanakan festival durian tahun sebelumnya. Akan tetapi karena pengarug cuaca ekstrem maka festival durian pada 2016 maupun 2017 dibatalkan.

"Saat itu, hasil panen durian di sentra produsen durian sangat terbatas sehingga festival durian 2017 terpaksa harus ditiadakan," katanya.

Ia mengatakan Festival Durian Lolong 2018 yang akan digelar pada 25 Februari 2018 ini, para pengunjung tidak dikenai harga tiket masuk atau retribusi.

"Para pengunjung yang datang ke lokasi kegiatan festival bisa langsung masuk ke lokasi dan mengikuti semua acara secara gratis. Akan tetapi bagi pengunjung yang ingin menikmati durian bisa bertransaksi sendiri dengan penjual di lokasi itu," katanya.

Ia menambahkan tidak ditariknya biaya masuk ke lokasi festival dan tidak adanya paket makan sepuasnya karena dikhawatirkan pengunjung membludak sedang persediaan durian tidak mencukupi.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024