Purwokerto (Antaranews Jateng) - Sebuah rumah di Grumbul Cikopeng RT 07 RW 02, Desa Kedunggede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tertimpa longsoran dari tebing dengan ketinggian 19 meter dan panjang 10 meter.

"Tanah longsor itu terjadi pada hari Kamis (1/2), sekitar pukul 18.30 WIB, akibat hujan lebat yang turun sejak siang," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penangguulangan Bencana Daerah Banyumas Kusworo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Akibat kejadian tersebut, kata dia, bagian dapur rumah Suparno alias Tupar (58), warga Grumbul Cikopeng RT 07 RW 02, Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, yang dihuni lima orang tertimpa material longsoran.

Ia mengatakan tebing longsor itu juga mengancam rumah milik Dulholik Mujoko (58) yang dihuni empat orang.

"Hari ini (2/2), kami bersama personel TNI/Polri, perangkat desa, warga setempat, dan sejumlah sukarelawan bekerja bakti untuk menyingkirkan material longsoran yang menimpa rumah Pak Suparno," katanya.

Sementara itu di Kabupaten Cilacap, hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (1/2) siang hingga sore hari dilaporkan mengakibatkan pohon jati tumbang dan menimpa rumah milik Anis, warga Desa Karangpucung RT 04 RW 01, Kecamatan Karangpucung.

Selain itu, menara (tower) milik Puskesmas Karangpucung 1 roboh saat hujan lebat yang disertai angin kencang pada hari Kamis (1/2), sekitar pukul 15.30 WIB.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024