Purwokerto (Antaranews Jateng) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar festival kopi dengan membagikan sekitar 50.000 gelas berisi minuman kopi secara gratis kepada penumpang pada 30-31 Januari 2018, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Festival kopi ini digelar di 13 stasiun, yakni Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Semarangtawang, Purwokerto, Tugu Yogyakarta, Solobalapan, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, dan Jember," katanya di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Ia mengatakan festival kopi bertema "Ngopi Bareng KAI - Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee" tersebut digelar karena bisnis minum kopi mulai dari kafe hingga warung skala kecil makin menjamur di berbagai kota di Indonesia.

Bahkan, kata dia, kopi sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia.

"Namun sayang, sebagian masyarakat merasa lebih bangga mengonsumsi kopi yang dijual waralaba merek luar negeri," katanya.

Terkait dengan hal itu, Ixfan mengatakan KAI merasa perlu dan peduli meningkatkan daya saing warung kopi Indonesia kepada masyarakat luas.

Oleh karena itu, kata dia, KAI bekerja sama dengan komunitas kopi dan PT Reska Multi Usaha, anak perusahaan KAI, menggelar kegiatan pembagian kopi gratis kepada penumpang KA dan masyarakat yang berada di sekitar stasiun.

"Sebanyak 200 barista lokal profesional turut hadir menemani perjalanan para pengguna jasa KA dan menyuguhkan kopi gratis bagi 100 penumpang pertama yang dapat menunjukkan aplikasi KAI Access generasi terbaru yang sudah terinstal dan terdaftar di telepon pintarnya kepada petugas KA," katanya.

Ia mengatakan barista-barista itu juga akan menemani para penumpang dalam perjalanan beberapa KA yang berangkat atau melintas di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pada tanggal 30-31 Januari 2018.

Menurut dia, kopi gratis tersebut tidak hanya dibagikan untuk penumpang KA tetapi juga masyarakat di sekitar stasiun.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan PT KAI terhadap para petani kopi Indonesia, sekaligus memperkenalkan bahwa Indonesia kaya dan memiliki berbagai macam varietas kopi dari masing-masing daerah. Selama kegiatan Ngopi Bareng KAI ini berlangsung akan dibagikan sekitar 50.000 gelas kopi secara gratis," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024